Tak Sembarangan, Ini Waktu Tepat Menambahkan Garam Saat Masak!

Nailatul Fadhillah - detikFood Kamis, 16 Nov 2017 06:31 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Garam adalah bumbu masak utama yang pengaruhi cita rasa hidangan. Karenanya garam perlu digunakan di waktu yang tepat dengan takaran yang pas.

Menambahkan garam pada masakan butuh trik yang tepat. Pasalnya terlalu banyak atau terlalu sedikit akan berpengaruh terhadap rasa hidangan. Caranya bisa dengan berpatokan pada resep atau dengan mencicipi setiap kali Anda menambahkan garam hingga mendapat rasa yang diinginkan.

Baca juga: 12 Tempat Garam yang Unik Ini Bisa Mempercantik Dapur Anda

Bukan hanya takaran garam, waktu penambahan garam juga penting untuk diketahui. Terkadang garam tidak bercampur baik dengan hidangan, dan meninggalkan tekstur kristal ketika dicicipi.

Untuk itu, penting untuk menambahkan garam di waktu yang tepat agar rasa hidangan nikmat. Dilansir dari NDTV (14/11), ini panduan tepat menambahkan garam pada hidangan.

1. Daging

Tak Sembarangan, Ini Waktu Tepat Menambahkan Garam Saat Masak!Foto: iStock

Membuat hidangan kari daging terbilang rumit karena memakai banyak rempah. Yang perlu diingat saat mengolah daging adalah selalu menambahkan garam di awal ketika memasak daging. Karena ketika daging dimasak, sel pada daging mengerut dan tidak dapat menyerap rasa dengan baik. Sehingga lebih baik apabila Anda menambahkan garam pada daging mentah bersamaan dengan bumbu-bumbu kering lainnya sehingga bumbu dapat terserap dengan baik dan memberikan rasa yang lebih kuat. Untuk daging sapi dan daging ayam dapat menggunakan air garam, namun hindari penggunaan air garam pada daging babi karena dapat membuat tekstur daging babi menjadi terlalu kenyal.

2. Sup

Tak Sembarangan, Ini Waktu Tepat Menambahkan Garam Saat Masak!Foto: iStock

Sangat penting memastikan garam yang Anda taburkan terserap dan tersebar secara merata pada hidangan yang Anda masak. Garam bersifat larut air sehingga saat masak sup, Anda bisa menambahkannya di akhir proses memasak. Pasalnya garam mudah bercampur dan meresap pada sup.

3. Nasi dan pasta

Tak Sembarangan, Ini Waktu Tepat Menambahkan Garam Saat Masak!Foto: iStock

Pati juga membutuhkan garam sebagai penambah rasa. Tambahkan sejumput garam pada air mendidih saat merebus nasi dan pasta. Anda harus menambahkan garam ketika mendidihkan hidangan ini, karena apabila Anda membubuhkannya saat hidangan matang, rasanya tetap menjadi hambar.

Baca juga: Garam Jadi Gurih dengan Tambahan Bawang Putih hingga Truffle

4. Kacang-kacangan

Tak Sembarangan, Ini Waktu Tepat Menambahkan Garam Saat Masak!Foto: Pinterest

Merendam kacang-kacangan semalaman sebelum dimasak, sering kali disarankan. Anda dapat membubuhkan sejumlah garam di awal atau di akhir, namun tidak pada saat memasak kacang-kacangan tersebut karena dapat membuat kacang bertekstur keras.

5. Tumisan sayur

Tak Sembarangan, Ini Waktu Tepat Menambahkan Garam Saat Masak!Foto: iStock

Ketika menumis, ingatlah untuk menambahkan garam di akhir agar tekstur tumisan lebih kental dan gurih. Garam dapat menyerap kelembapan sayur sehingga bila garam ditambahkan di awal, sayur dapat menjadi lembek. Trik ini baik diterapkan pada sayur yang kandungan airnya tinggi, seperti jamur dan tomat. (adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com