Kuliner Lezat Solo

Masih di Solo? Jangan Lupa Pulangnya Membawa 7 Oleh-oleh Ini Ya!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 08 Nov 2017 19:31 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Jika Anda sedang berada di Solo, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. 7 oleh-oleh ini wajib dibawa karena memiliki rasa yang unik. Apa saja ya?

Solo tidak hanya terkenal dengan wisata dan ragam makanan legendarisnya, tetapi juga keramahan masyarakatnya. Selain Jogja, tentu banyak orang yang memilih kota ini sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Mau yang manis atau gurih? Semua sajian oleh-oleh bisa Anda beli sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta.

Yuk, mampir ke tempat oleh-oleh untuk membeli jajanan khas Solo yang enak ini.

Baca juga: 7 Jajanan Solo Enak dan Murah Meriah yang Sayang Dilewatkan

1. Intip

 Masih di Solo? Jangan Lupa Pulangnya Membawa 7 Oleh-oleh Ini YaFoto: Istimewa

Intip khas Solo merupakan salah satu makanan oleh-oleh yang sudah terkenal di sini. Intip terbuat dari kerak nasi yang melekat pada panci, kemudian kerak tersebut di jemur hingga kering dan digoreng dengan minyak panas.

Ada dua versi nasi intip. Salah satunya ada yang polos plus taburan garam dan dengan siraman karamel gula Jawa. Ukuran intip juga beragam, ada yang sedang hingga super besar. Salah satu penjual intip yang terkenal adalah Mbah Boniyem, ia sudah berjualan sejak tahun 1945. Lokasinya berada di Kios 78 Pasar Gede, Solo. Harga intipnya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

2. Ampyang

 Masih di Solo? Jangan Lupa Pulangnya Membawa 7 Oleh-oleh Ini YaFoto: Istimewa

Bagi Anda yang suka manis, bisa mencoba ampyang. Ampyang terbuat dari kacang dan gula merah. Beberapa jenis ampyang juga ada yang ditambahkan dengan jahe sehingga tidak hanya manis, tapi ada juga sensasi rasa hangat.

Dalam proses pembuatannya, kacang tanah yang sudah disangrai dicampurkan dengan gula merah serta air jahe. Setelah teksturnya cukup kental, adonan dibentuk seperti lempengan dan dibiarkan hingga mengeras. Bentuknya bulat datar dengan variasi rasa manis, gurih dan pedas. Harga ampyang beragam, akan tetapi tiap boxnya biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 4.000 hingga Rp 50.000, tergantung banyak isiannya.

3. Serabi

 Masih di Solo? Jangan Lupa Pulangnya Membawa 7 Oleh-oleh Ini YaFoto: Istimewa

Serabi khas Solo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan dimasak dalam wajan yang dipanggang dengan arang. Selain polos, serabi juga ditambahkan dengan potongan pisang, nangka, meisjes dan keju. Salah satu yang populer di Solo adalah Serabi Notosuman yang berada di Jalan Mohammad Yamin No. 28, Solo yang sudah ada sejak tahun 1920-an.

4. Abon Mesran Solo

 Masih di Solo? Jangan Lupa Pulangnya Membawa 7 Oleh-oleh Ini YaFoto: Istimewa

Selain bisa jadi pendamping nasi, abon sapi ini juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Ada beberapa jenis abon yaitu abon ayam dan abon sapi dengan rasa pedas dan manis. Abon Mesran ini jadi salah satu oleh-oleh yang populer dari Solo yang cocok dinikmati bersama dengan nasi putih hangat. Sebungkus abon dibandrol dengan harga mulai dari Rp 35.000.

5. Rambak petis

 Masih di Solo? Jangan Lupa Pulangnya Membawa 7 Oleh-oleh Ini YaFoto: Istimewa

Kriuk gurih, ada rambak petis yang enak dari Solo. Ini adalah kerupuk kulit sapi yang renyah dan dipadu dengan bumbu petis yang nikmat. Selain bisa ditemukan di tempat pusat oleh-oleh di Solo, Anda juga bisa mampir ke Rambak Petis Wirjodihardjo yang ada di daerah Kalukuatan No. 10, Jagalan, Solo. Penasaran?

6. Serbat jahe

 Masih di Solo? Jangan Lupa Pulangnya Membawa 7 Oleh-oleh Ini YaFoto: Muhammad Idris-detikFinance

Jika suka menikmati minuman hangat, sebaiknya beli serbat jahe ini. Ini merupakan minuman olahan jahe dan rempah-rempah tradisional kota Solo. Ada yang berbentuk bubuk dan ada pula yang bentuk mirip seperti tablet ukuran besar. Cukup diseduh dengan air hangat, cocok dinikmati malam hari saat cuaca dingin.

7. Roti kecik ganep

 Masih di Solo? Jangan Lupa Pulangnya Membawa 7 Oleh-oleh Ini YaFoto: Istimewa

Roti kecil ganep atau roti ganep menjadi salah satu oleh-oleh kesukaan wisatawan. Ini adalah roti kering yang terbuat dari campuran tepung ketan dengan variasi aneka rasa. Ada roti ganep original hingga keju. Harganya sekitar Rp 11.000 hingga Rp 27.000 per bungkusnya. Jika ingin mencobanya, Anda bisa mampir ke Roti Ganep yang sudah berdiri sejak tahun 1881, yang berlokasi di Jalan Sutan Syahrir 176, Surakarta.

Baca juga: Ini Dia 10 Tempat Makan Legendaris di Solo (1) (lus/lus)