Terungkap! Ini Negara dengan Harga Sepiring Makanan Termahal di Dunia

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 08 Nov 2017 17:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Penelitian terbaru mengungkap ada negara miskin yang justru harus membayar mahal sepiring makanan. Bahkan sepiring nasi plus lauk kacang dibandrol Rp 4 juta-an.

World Food Programme (WFP) dan Mastercard menunjukkan harga sepiring makanan di negara paling miskin di dunia yang harganya mencapai ratusan dolar Amerika Serikat, diukur dari keseteraan daya beli. Dalam penelitian yang bertema "Counting the Beans: the True Cost of Food around the World" ini menempatkan New York sebagai acuan.

Di New York, harga sepiring makanan sederhana seperti kacang rebus ialah sebesar USD1,20 (sekitar Rp 16.000). Angka ini merepresentasikan 0,6% dari rata-rata penghasilan penduduk kota tersebut dalam sehari.

Baca juga: Ini 5 Negara Paling Mahal di Dunia untuk Membeli Makanan!

Sementara itu di Sudan Selatan, yang merupakan negara dengan peringkat terendah dalam penelitian ini, harga untuk sepiring makanan yang sama memiliki perbandingan hingga 268 kali lebih mahal, atau setara dengan USD 321,70 atau sekitar Rp 4.333.500. Penelitian ini juga menghitung persentase rata-rata dari penghasilan harian yang dihabiskan untuk membeli sepiring makanan sederhana di masing-masing negara yang ada di dalam penelitian tersebut.

Terungkap! Ini Negara dengan Harga Sepiring Makanan Termahal di DuniaFoto: iStock

Berikut ini negara yang memiliki harga makanan paling mahal di dunia yang bisa Anda ketahui:

1. Sudan Selatan
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD321,70 atau sekitar Rp 4.333.500. Masyarakat Sudan Selatan membutuhkan 155% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

2. Nigeria
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD200,32 atau sekitar Rp 2.704.300. Masyarakat Nigeria membutuhkan 121% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

3. Deir Ezzor, Suriah
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD190,11 atau sekitar Rp 2.570.000. Masyarakat Suriah membutuhkan 115% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

4. Malawi
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD94,43 atau sekitar Rp 1.275.000. Masyarakat Malawi membutuhkan 45% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

5. Republik Demokratik Kongo
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD82,10 atau sekitar Rp 1.108.300. Masyarakat Kongo membutuhkan 40% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

Sementara itu, berikut adalah harga sepiring makanan di negara-negara kawasan Asia berdasarkan hasil penelitian tersebut:

6. Nepal
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD27,77 atau sekitar Rp 375.000. Masyarakat Nepal membutuhkan 13% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

7. Laos
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD18,20 atau sekitar Rp 245.700. Masyarakat Laos membutuhkan8,8% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

Terungkap! Ini Negara dengan Harga Sepiring Makanan Termahal di DuniaFoto: iStock

8. Myanmar
Harga Sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD14,61 atau sekitar Rp 197.200. Masyarakat Myanmar membutuhkan 7% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

9. Bangladesh
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD11,25 atau sekitar Rp 151.500. Penduduk Bangladesh membutuhkan 5,4% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

10. Filipina
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD9,34 atau sekitar Rp 126.000. Masyarakat Filipina membutuhkan 4,5% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

11. India
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD 9,25 atau sekitar Rp 124.800. Masyarakat India membutuhkan 4,5% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

12. Indonesia
Harga sepiring makanan jika disetarakan dengan pendapatan di New York bernilai sebesar USD5,50 atau sekitar Rp 74.250. Masyarakat Indonesia membutuhkan 2,7% dari rata-rata penghasilan harian mereka untuk membeli sepiring makanan sederhana.

"Penelitian yang diungkapkan oleh Counting the Beans menjadi sebuah peringatan nyata tentang bagaimana konflik dapat menciptakan kesenjangan yang sangat besar, utamanya dalam hal akses terhadap makanan," kata David Beasley, Executive Director of WFP dalam release yang diterima detikFood (08/11).

"Komitmen kemitraan dari Mastercard ini telah memungkinkan kami untuk menggali lebih dalam untuk mengetahui apa yang terjadi dibelakang isu-isu ini, sehingga kami mampu untuk memberikan solusi terobosan yang tepat dalam menjawab sejumlah dampak terburuk yang dapat ditimbulkan dari konflik, bencana alam maupun masalah dalam rantai distribusi makanan yang dapat menyebabkan kelangkaan makanan (food insecurity). Counting the Beans menunjukkan seberapa pentingnya pergerakan dunia (world mobilize) untuk menghentikan konflik dan semakin dapat membantu untuk mewujudkan upaya kami dalam mengakhiri kelaparan di tahun 2030," tulisnya.

Baca juga: Ternyata 7 Makanan Mahal di Dunia Ini Dulunya Berharga Murah! (https://food.detik.com/info-kuliner/d-3028589/ternyata-7-makanan-mahal-di-dunia-ini-dulunya-berharga-murah) (lus/odi)