Kuliner Lezat Solo

Kalau ke Solo, Enaknya Jajan Soto Ayam yang Murah Sedap di 5 Tempat Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 06 Nov 2017 13:15 WIB
Foto: Lusiana Mustinda
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo
Jakarta - Di kota tempat Presiden Jokowi mantu ini ternyata ada banyak sajian soto enak. Kalau datang ke sini Anda harus mencicip sajian soto khas Solo yang enak ini. Yuk, mampir!

Semangkuk soto daging yang sedep miroso bisa jadi pengobat rindu. Kuah kaldu yang bening memiliki cita rasa gurih sedap. Dilengkapi dengan tauge dan cincangan seledri yang enak dipadu dengan suwiran ayam serta nasi. Penasaran? Langsung saja datang ke 5 tempat makan ini yang legendaris di Solo.

Baca juga: Mengintip Suasana Pasar Gede yang Legendaris di Solo

1. Soto Triwindu
Soto Triwindu yang enak dari Solo.Soto Triwindu yang enak dari Solo. Foto: Dok. detikTravel

Soto ini lokasinya tak jauh dari pasar barang antic Windujenar. Soto ini konon dijajaki oleh Hj. Yososumarto pada tahun 1939. Kini sang cucu yang meneruskan usaha soto ini. Nasi yang dipadu dengan tauge dan irisan seledri serta daging ayam sangat enak dipadu bersama dengan kuah kaldu yang hangat gurih.

Makin enak dinikmati bersama dengan pelengkap rempeyek, perkedel, tempe goreng hingga paru. Tambahkan sambal dan beri sedikit kucuran air jeruk nipis. Dijamin mantap! Kalau mau ke sini, langsung saja mampir ke Jalan Teuku Umar 43, Keprabon, Solo.

Baca juga: Soto Triwindu: Menebus Rindu dengan Semangkuk Soto Daging dan Mendol Tempe

2. Soto Ayam Gading

Soto bening dengan paduan sate yang nikmat dari Solo.Soto bening dengan paduan sate yang nikmat dari Solo. Foto: Istimewa

Soto ayam yang satu ini jadi salah satu yang populer di Solo. Menu andalannya di warung ini adalah soto ayam, dengan pilihan pelengkap yang bisa Anda pilih sendiri. Sate yang tersedia adalah sate usus, sate telur puyuh hingga ati ampela dan bregedel (perkedel). Berbeda dengan soto lainnya, kuahnya bening gurih dan bisa Anda nikmati dengan risoles.

Soto ayam Gading ini buka sejak jam 6 pagi hingga jam 3 sore. Tempatnya ada di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75, Solo. Ohya, harga soto di sini seporsinya hanya Rp 7.000. Soto Gading juga jadi langganan mantan presiden Megawati.

3. Soto Trisakti

Kalau ke Solo jangan lupa cicip soto legendaris ini ya.Kalau ke Solo jangan lupa cicip soto legendaris ini ya. Foto: Istimewa

Warung soto ini berada di Jalan Kalilalarangan dan menjadi salah satu warung yang menyajikan soto khas cita rasa Solo yang terkenal. Soto Trisakti menjadi salah satu yang legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1962. Kini soto ini diteruskan oleh generasi ketiga. Soto dengan paduan daging ayam plus kuah gurih yang agak kental sangat nikmat disandingkan dengan tahu goreng, tempe goreng, perkedel, sosis solo, sate telur puyuh, pindang hingga kerupuk serta rambak kulit.

Buka sejak pukul 6 pagi hingga 2 siang, Anda bisa langsung mampir ke Jalan Gatot Subroto No. 161, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta.

4. Soto Kirana

Soto Kirana dipadu dengan gorengan tempe yang nikmat.Soto Kirana dipadu dengan gorengan tempe yang nikmat. Foto: Istimewa

Mengawali wisata kuliner di Solo, Anda bisa sarapan enak di Soto Kirana. Menu andalannya berupa soto ayam atau sapi berkuah bening. Isiannya lengkap mulai dari soun, suwiran daging, daun bawang dan bawang putih goreng. Ada juga pilihan lauk tambahan seperti perkedel dan tempe atau tahu goreng. Selain soto, di sini juga ada nasi kare ayam, nasi asem-asem kikil dan nasi tumpang telur yang sedap.

Yuk, langsung mampir ke Jalan Mr. Moh. Yamin No. 68, Jayengan, Serengan, Solo. Monggo mampir!

5. Soto Kwali Pak Gino

 Liburan ke Solo, Enaknya Jajan Soto Ayam dengan Harga Terjangkau di 5 Tempat IniSoto kwali pak Gino khas Solo. Foto: Istimewa

Berada di Jalan Letjen Suprapto No. 21 tepatnya di Sumber, Banjarsari, Kota Surakarta. Disajikan dengan mangkuk keramik, soto ini punya kuah cokelat bening dengan campuran bihun, irisan daging ayam, taburan bawang goreng hingga seledri. Jangan lupa ya santap dengan ragam sate dan gorengan.

Aduh dijamin sedap dan mantap. Nikmati juga dengan kerupuk dan sambal!

Baca juga: Sedang Ada di Solo? Ini Kafe Kekinian yang Wajib Anda Kunjungi!

Ikuti perkembangan liputan Jokowi Mantu, klik di sini. (lus/lus)
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo