Kuliner Lezat Solo

Yuk, Cicip 5 Tengkleng Enak di Kota Kelahiran Kahiyang!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Nov 2017 14:20 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo
Jakarta - Jelang pernikahan Kahiyang dan Bobby, Anda bisa mencicip aneka kuliner autentik Solo. Salah satu yang wajib dicicip adalah tengkleng.

Tengkleng adalah sajian berbahan kambing yang populer di Solo dan sekitarnya. Tampilannya mirip gulai encer namun biasanya dimasak tanpa santan.

Tengkleng umumnya dibuat dari tetelan kambing seperti iga, kaki dan seluruh bagian kepala. Semuanya dimasak dalam bumbu gurih hingga empuk dan paling mantap dimakan bersama nasi hangat.

Di Solo, tengkleng dinikmati dari kelas warung sampai restoran. Berikut 5 tempat makan tengkleng Solo yang wajib Anda cicip saat di sana. Ada yang jadi langganan Jokowi, lho!

1. Bu Edy (Tengkleng Pasar Klewer)

Yuk, Cicip 5 Tengkleng Enak di Kota Kelahiran Kahiyang!Foto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Mampir ke Pasar Klewer wajib cicip racikan tengkleng nikmat dari Bu Edy. Tempatnya memang sederhana namun selalu ramai. Anda bisa memilih isian tengkleng seperti iga, pipi, jeroan, kaki, mata atau otak kambing. Kemudian isian tengkleng ini disirami kuah gurih dan cabai rawit merah utuh.

Penyajiannya juga masih tradisional karena menggunakan pincuk daun pisang beralas kertas. Rasa gurih tengkleng begitu menyegarkan dengan tekstur isian tengkleng yang kenyal lembut. Makin nikmat disantap pedas dengan gerusan cabai rawit merah.

Bu Edy
Di bawah Gapura Pasar Klewer (dekat tempat parkir Masjid Agung), Solo
Telepon: 0271 651552
Jam buka: 13.00-16.00

2. Warung Sate Kambing Mbok Galak

Yuk, Cicip 5 Tengkleng Enak di Kota Kelahiran Kahiyang!Foto: Istimewa

Foto: RyNaRi
Meski mengusung nama sate kambing, rumah makan sederhana ini juga tawarkan tengkleng, sate buntel, gule dan tongseng. Presiden Jokowi kerap mampir ke sini untuk mencicip tengkleng dan sate buntel. Kuah tengklengnya gurih ringan dengan isian memuaskan. Jangan lupa juga cicip sate buntel di sini yang disajikan dengan potongan sawi, jeruk nipis, dan bawang merah segar.

Warung Sate Kambing Mbok Galak
Jl. Mangunsarkoro No. 112
Sumber, Solo
Telepon: 0271 730042
Jam Buka: 07.30-18.00

3. Warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Yuk, Cicip 5 Tengkleng Enak di Kota Kelahiran Kahiyang!Foto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Rumah makan yang juga jadi favorit Jokowi adalah Warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo. Di sini tersedia sate buntel, sate kambing, tengkleng, gule, tongseng dan nasi goreng kambing. Tengkleng dijamin nikmat karena memakai isian yang empuk dan tanpa bau anyir. Sempatkan mampir ke rumah makan yang sudah ada lebih dari 45 tahun ini ya saat di Solo.

Warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Jl. Perunggu 10, Lojiwetan Solo, Jawa Tengah
Telepon: 0271 662282
Buka: 07.00-16.00

4. Mbak Diah (Sor Waru)

Yuk, Cicip 5 Tengkleng Enak di Kota Kelahiran Kahiyang!Foto: Istimewa

Foto: Travellinary
Warung tengkleng Mbak Diah tak pernah sepi pembeli. Memesan tengkleng di sini, Anda akan mendapat daging campur meski juga bisa memesan bagian kambing sesuai selera. Bagian pipi dan kuping kabarnya jadi terfavorit untuk tengkleng Mbak Diah. Kalau suka lidah, tengkleng juga bisa memakai lidah sapi. Dimakan dengan nasi hangat dan acar, rasanya mantap!

Mbak Diah (Sor Waru)
Bundaran Tanjung Anom, Solo Baru
Telepon: 0271 644069
Jam buka: 10.00-21.00

5. Tengkleng Goreng Pak Manto

Yuk, Cicip 5 Tengkleng Enak di Kota Kelahiran Kahiyang!Foto: Istimewa

Foto: detikcom
Tak melulu berkuah, Anda bisa cicip tengkleng goreng yang unik dan enak di Tengkleng Goreng Pak Manto. Daging dan tetelan kambing ditiriskan dari kuah tengkleng lalu ditumis di wajan super panas. Yang istimewa adalah bumbu rica-rica kental dan pedas yang membalut potongan tengkleng. Nikmat!

Tengkleng Goreng Pak Manto
Jl. Honggowongso Nomor 36, Solo
Telepon: 081329000315
Jam buka: 08.00-17.00

(adr/adr)
FOKUS BERITA Kuliner Lezat Solo

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com