Diyakini Bikin Awet Muda, Wanita Vietnam Konsumsi Daging Tikus!

Maya Safira - detikFood Minggu, 29 Okt 2017 10:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Wajah awet muda jadi idaman tiap wanita. Kalau di negara ini, daging tikus dipercaya bisa mewujudkannya.

Tak mahal-mahal perawatan kulit, orang Vietnam punya cara berbeda untuk mempercantik diri. Sejak lama, wanita Vietnam mengonsumsi daging tikus. Bukannya tak ada pilihan, tapi karena mereka menyukainya.

Baca juga: Hii! Tikus Masuk ke Celana Pengunjung di Restoran Ini

Diyakini Bikin Awet Muda, Wanita Vietnam Konsumsi Daging Tikus!Foto: Istimewa

Namun tidak semua tikus bisa dikonsumsi. Orang Vietnam menjauhi tikus kota. Sebab tikus ini makan sampah di lorong-lorong dan saluran pembuangan. Sehingga dagingnya dianggap kotor dan beracun.

Biasanya mereka mengonsumsi tikus yang tertangkap di sawah. Sebab tikus itu hanya memakan padi. Jadi dianggap 'bersih' dan aman dikonsumsi. Meski merusak tanaman, tapi petani tetap suka dagingnya.

Bahkan, tikus sawah sebenarnya punya kualitas berbeda. Tikus berbulu cokelat muda punya kepala lebih besar dan kandungan lemak lebih banyak. Harganya pun jadi lebih mahal dibanding bulu cokelat tua, lapor World of Buzz (27/10).

Diyakini Bikin Awet Muda, Wanita Vietnam Konsumsi Daging Tikus!Foto: Istimewa

Harga tikus sekitar Rp 28.000 per kg. Satu orang bisa makan tujuh ekor dalam satu kali makan.

Dulunya petani menyediakan tikus sawah untuk konsumsi rumahan. Tapi sekarang tikus sudah dijual di jalanan Vietnam karena banyaknya permintaan.

Baca juga: Mau Minum Kopi Sambil Main dengan Tikus? Mampir Saja ke Kafe Ini

Diyakini Bikin Awet Muda, Wanita Vietnam Konsumsi Daging Tikus!Foto: Istimewa

Kepopuleran tikus membuat warga Vietnam membuat berbagai sajian dari dagingnya. Ada yang digoreng, dimasak sup asam pedas, kari dan panggangan. Mengenai rasanya, kebanyakan menyebut daging tikus manis gurih.

Beberapa juga memakai tikus dalam hidangan kuah yang dimasak bersama herba dan sayuran. Ini untuk mengobati sakit punggung bagian bawah.

Selain itu, para wanita meyakini daging tikus punya kandungan tinggi asam amino esensial. Kandungan tersebut membantu regenerasi kulit untuk wajah yang lebih bersih. Sehingga membuat mereka terlihat lebih muda dan cantik. (lus/odi)