Olahan Telur Asin Kekinian

Uniknya Donat dan Croissant dengan Isian Telur Asin

Maya Safira - detikFood Rabu, 25 Okt 2017 18:17 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Penggunaan lelehan saus telur asin tidak hanya pada makanan gurih. Aneka kue dan pastry juga enak diisi saus ini.

Telur asin memang lebih populer sebagai paduan lauk, mulai dari ayam hingga seafood. Tapi kini, telur asin juga jadi isian pastry. Misalnya saja croissant dan donat.

Baca juga: Mau Cicip Bolu dan Brownies Unik dengan Isian Telur Asin?

Sempat populer tahun lalu, sekarang kembali muncul olahan pastry dengan telur asin di Jakarta. Sec Diner by Rius termasuk salah satu tempat yang menyediakannya.

Uniknya Donat dan Croissant dengan Isian Telur AsinFoto: Detikfood


Restoran di kawasan Pantai Indah Kapuk ini menawarkan berbagai kreasi telur asin. Ada menu over rice dan snack berbasis telur asin. Bagi penggemar dessert, bisa mencoba Salted Egg Croissant dan Salted Egg Donut.

"Jadi kan kita mau keluarin menu andalannya salted egg. Kita pikir kalau sudah ada main course, over rice menu, terus ada snack salted egg, orang juga pasti craving dessertnya. Jadi kita mulai membuat salted egg croissant dan salted egg donut," ungkap Elwiana, PR Sec Diner by Rius, saat ditemui Detikfood pada Kamis (19/10).

Uniknya Donat dan Croissant dengan Isian Telur AsinFoto: Detikfood


Salted Egg Croissant disajikan hangat dengan filling telur asin yang meleleh. Pada permukaannya ada crumble renyah dicampur cincangan daun kari. Saat dimakan terasa paduan pastry renyah dengan gurihnya saus telur asin dan aroma daun kari ringan.

Sedangkan Salted Egg Donut tampil lebih lengkap. Donat berisi telur asin diberi es krim vanilla dan saus cokelat. Tidak ketinggalan tambahan saus telur asin di piring dan crumble telur asin. Bisa memuaskan selera penggemar dessert sekaligus telur asin.

Uniknya Donat dan Croissant dengan Isian Telur AsinFoto: Detikfood


Elwiana mengaku semua produk tersebut dibuat sendiri oleh restoran milik Rius Vernandes itu. Mengenai racikan untuk dessert, ia juga sempat memberi penjelasan. Menurutnya ada perbedaan antara saus telur asin untuk ayam telur asin dan dessert.

"Jadi kalau di salted egg chicken itu tendensinya makan sama nasi. Jadi cenderung lebih ke asin. Sedangkan kalau yang dessert, salted egg kita buat lebih manis. Beda rasanya. Salted egg croissant sama donat itu sausnya seperti kita makan dimsum, bakpao," tuturnya.

Baca juga: Mana Croissant Telur Asin yang Paling Meleleh?

Tertarik mencoba? Sec Diner menjual Salted Egg Croissant seharga Rp 37.000 dan Salted Egg Donut seharga Rp 45.000.

Kalau mau lihat tampilan kedua pastry berisi telur asin, intip saja video berikut ini.


(msa/odi)