​Gurih Lembut Kuning Telur Asin yang Populer

Mana Croissant Telur Asin yang Paling Meleleh?

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 26 Mar 2016 15:35 WIB
Foto : sgnews.yahoo Foto : sgnews.yahoo
Jakarta -

Baru-baru ini Salted Egg Croissant jadi sangat populer di beberapa negara seperti Hong Kong, Singapura dan Indonesia. Nah, di Jakarta ada empat tempat yang juga sediakan croissant dengan rasa unik ini.

Croissant merupakan pastry asal Prancis yang dibuat dengan adonan tepung terigu, mentega, telur dan ragi. Bentuk adonannya berlapis-lapis, karena adonan tepung digilas dengan lapisan lemak. Biasanya croissant diisi dengan rasa keju, cokelat atau almond. Kini dimodifikasi dengan isian lainnya seperti saus kuning telur asin.

Telur asin sudah dikenal sejak zaman dulu oleh bangsa China. Agar rasanya asin sempurna, biasanya telur bebek direndam dalam larutan garam atau dibaluri dengan adonan abu gosok yang dicampur garam.

"Croissant berisi saus kuning telur asin ini sudah mulai populer di Jakarta sekitar bulan Januari 2016," tutur Chef Kim Pangestu, dari Nomz Kitchen & Pastry kepada detikFood pada (24/03).

Dalam proses membuat croissant ini, banyak campuran bahan yang digunakan. "Butter menjadi salah satu bahan utamanya tapi yang paling penting untuk menghasilkan rasa yang enak dan tidak amis adalah dengan memilih telur asin yang berkualitas baik agar mendapatkan hasil asin yang pas dan gurih," jelas Chef Kim.

Di Jakarta, ada empat tempat yang menawarkan croissant dengan isian saus kuning telur asin yaitu Blacklisted, Gambino Coffee / Seven Angels Pattisserie, Makaron dan Nomz Kitchen & Pastry.

Foto: detikFood

Croissant telur asin dari Blacklisted dijual dengan harga Rp 28.000 ++. Kami memesan croissant dan memanaskannya dengan microwave selama 1 menit dan hasilnya, tekstur croissant cenderung empuk tapi kurang renyah.

Saat dipotong, isiannya terlihat berwarna kuning keoranye-an. Ketika dikunyah, teksturnya agak chewy dengan isian rasa yang dominan manis tapi tak amis.

Foto: detikFood

Selain Blacklisted, Makaron juga punya croissant dengan isian saus telur asin yang dijual dengan harga Rp 20.000 ++. Menurut salah satu karyawan, salted egg croissant ini bisa dihangatkan dalam microwave selama 1 menit dan oven sekitar 2 menit.

Setelah dipanaskan sekitar 1 menit dengan microwave hasilnya, isian saus kuning telur asin tidak lumer. Akan tetapi, croissantnya terlihat berlapis-lapis dengan warna cokelat keemasan. Bagian atasnya disiram dengan adonan telur asin berbentuk crumble beraroma gurih.

Saat dipotong tampak isiannya tidak lumer dengan warna kuning oranye dan rasa dominan manis. Akan tetapi tekstur dari croissantnya renyah dan enak alias tetap renyah walaupun dipanaskan dengan microwave.

Foto: detikFood

Menyempatkan diri mampir ke kawasan Gandaria City, ternyata kami menemukan gerai kopi yang sajikan croissant telur asin yaitu Gambino Coffee. Croissant ini bukan dibuat sendiri oleh Gambino, melainkan dari Seven Angels Patisserie yang menjual aneka pastrynya secara online dan di gerai Gambino Coffee.

Croissant telur asin dijual dengan harga Rp 30.000. Ditempat ini justru disarankan, jika memanaskan dengan microwave sebaiknya hanya sekitar 20 detik. Dan selanjutnya dipanaskan dengan grill oven 4-5 menit agar tingkat kerenyahannya tetap.

detikFood mencoba memanaskan menggunakan microwave selama 20 detik dan hasilnya lumer sempurna. Warna bagian luar croissantnya agak kecokelatan karena mungkin terlalu lama di oven dengan bagian atas diberi crumble berwarna oranye lengkap dengan taburan gula halus. Saat di potong lelehan saus telur asin berwarna oranye langsung membanjiri piring dan sangat lumer. Wah, mantap!

Isian sausnya memiliki tekstur yang agak encer karena ketika digigit isiannya langsung lumer. Rasanya agak asin tapi tetap dominan manis dengan sensasi kuning telur asin yang enak serta adonan pastrynya yang renyah.



Terakhir kami mencicip croissant di Nomz Kitchen and Pastry. Di sini, croissant telur asinnya dipanaskan dengan oven toaster selama 7 menit dan tidak disarankan dengan microwave.

Tekstur adonan croissantnya berlapis renyah dengan isian saus telur asin yang lebih kental tapi lumer dengan rasa kombinasi manis dan gurih dari butter yang seimbang dengan topping crumble adonan telur asin.

Menurut Chef Kim dari Nomz Kitchen and Pastry, jika ingin dibawa pulang sebaiknya croissant dipanaskan dalam oven atau oven toaster selama 7 menit dengan suhu 150-160 derajat. Dengan dipanaskan di oven toaster ini akan menghasilkan bagian luar croissant yang renyah dan filling saus telur yang meleleh. Harga per buah croissant telur asin di Nomz dijual dengan harga Rp 27.272 ++.

Dari keempatnya ternyata kami lebih cocok dengan croissant saus telur asin dari Seven Angels Pattisserie dan Nomz Kitchen and Pastry. Karena isiannya lebih meleleh dan tekstur pastrynya lebih renyah. Anda penasaran untuk mencoba?

Makaron
Pullman Jakarta
Jl. M.H. Thamrin No. 59
Telp: (021) 31921111

Nomz Kitchen & Pastry
Grand Indonesia Mall LG, East Mall
Jl. MH Thamrin
(021) 29704981 ext: 638

Blacklisted
Ciputra World, Lotte Shopping Avenue lantai 1
Jl. Prof Dr Satrio
Karet, Jakarta Selatan
Telp: (021) 29889166

Gambino / Seven Angels Pattisserie
Gandaria City lantai 2
Jl. Sultan Iskandar Muda
Jakarta Selatan

Seven Angels Pattisserie
Line : Seven_Angels
WA: 085718745446​

(lus/odi)