Bahan Makanan yang Mahal Bisa Diganti dengan Trik Ini

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 18 Okt 2017 19:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Beberapa bahan makanan mahal bisa Anda ganti dengan yang lebih terjangkau. Ada beberapa trik untuk melakukannya.

Beberapa bahan makanan yang sulit didapat cenderung memiliki harga mahal. Seperti halnya safron, truffle dan kacang pinus. Namun hasil yang didapatkan dari bahan tersebut tentu sesuai dengan harganya.

Baca juga: Ini 10 Cara Supaya Bahan Makanan Lebih Awet Kesegarannya

Lalu bagaimana Anda bisa menukar bahan-bahan mahal dengan bahan yang lebih terjangkau? Serta apa yang dapat dilakukan untuk menghemat bahan-bahan makanan?

Dilansir dari News.com.au (13/10), berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa membuat makanan lezat namun dengan biaya lebih sedikit. Begitu pula cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan makanan.

1. Truffle

Bahan Makanan yang Mahal Bisa Diganti dengan Trik IniFoto: Istimewa


Jamur mahal ini terkenal earthy dan aromatik. Produksinya yang tidak menentu dan jarang ada, membuat harganya menjadi sangat mahal.

Minyak truffle merupakan alternatif yang bagus. Dikembangkan untuk menyesuaikan rasa truffle yang baru saja diparut. Tapi harganya juga cukup mahal.

Untuk mendapatkan rasa umami alami, bahan tersebut dapat diganti dengan memakai jamur kering yang dihaluskan dengan blender atau food processor. Taburkan bubuknya ke telur, daging panggang atau sayuran, risotto, gravy atau saus favorit Anda.

2. Saffron

Bahan Makanan yang Mahal Bisa Diganti dengan Trik IniFoto: Istimewa


Rempah ini berasal dari bunga Crocus sativus. Bagian tangkai putik yang terdiri dari tiga benang merah yang dikeringkan ini disebut "red gold".

Jika direndam dalam cairan hangat, saffron akan megeluarkan warna merah keemasan. Pemakaiannya memberi rasa bunga yang hampir tidak dapat didefinisikan pada tagines, sup, roti, kue kering dan hidangan lainnya.

Meskipun mahal, sejumlah kecil safron bisa dimanfaatkan untuk keseluruhan hidangan. Namun Anda bisa menggantinya dengan kombinasi kunyit dan paprika. Mungkin rasanya tidak persis sama, tetapi warna yang dihasilkan tetap sama.

3. Kacang Pinus

Bahan Makanan yang Mahal Bisa Diganti dengan Trik IniFoto: Istimewa

Kacang pinus telah menjadi pilihan utama kebanyakan resep pesto. Anda bisa mengganti kacang mahal ini dengan walnut. Blender bumbu, tambahkan minyak zaitun, parmesan, bawang putih dan kacang-kacangan. Dengan ini pesto Anda akan tetap terasa enak.

4. Kaldu

Bahan Makanan yang Mahal Bisa Diganti dengan Trik IniFoto: Istimewa


Anda bisa membuat kaldu dengan memanfaatkan sisa sayuran, sisa ayam panggang, tulang daging sapi, atau potongan ikan dan kerang. Simpanlah dalam lemari es sebagai bahan siap pakai sekaligus untuk menghemat bahan makanan yang digunakan.

Alternatif lain Anda juga bisa larutkan sedikit Vegemite dalam keadaan panas. Saus khas Australia ini hasilnya seperti daging dan kaya rasa. Sehingga menambah rasa pada saus atau stew tanpa membuang banyak kaldu.

Baca juga: Pilih dan Masak Bahan Makanan Ini dengan Benar Agar Dapatkan Nutrisinya Maksimal

5. Herba

Bahan Makanan yang Mahal Bisa Diganti dengan Trik IniFoto: Istimewa


Hidangan akan terasa gurih saat ditambahkan dengan berbagai herba segar. Selain menambah rasa, herba juga bisa menambahkan kesegaran, warna dan aroma.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan sisa herba. Seperti memakai berbagai herba untuk membuat pesto yang bisa bertahan hingga seminggu atau dua minggu jika dimasukkan dalam lemari es.

Untuk herba berdaun seperti basil, peterseli, ketumbar, dan lainnya, agar tak layu dapat disimpan dengan cara memotongnya lalu masukkan ke dalam cetakan es batu. Tambahkan air, kaldu atau minyak, dan bekukan. Sedangkan sisa thyme, rosemary dan oregano dapat disimpan dengan mengikat mereka di salah satu ujung kemudian digantung. (msa/odi)