Jajanan Pisang Populer

Sale Pisang Kering dan Basah yang Enak untuk Camilan

Maya Safira - detikFood Selasa, 17 Okt 2017 16:39 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Pisang Populer
Jakarta - Sale pisang termasuk camilan enak. Olahan pisang bercitarasa manis ini punya pilihan basah maupun kering.

Sale merupakan salah satu kreasi klasik dari pisang yang punya rasa enak. Beberapa daerah di Indonesia mempunyai produk sale pisang dengan bentuk pipih panjang dan pipih lebar.

Baca juga: Belum Ada Camilan? Bikin Saja Olahan Pisang Enak Mirip Churros

Sale Pisang Kering dan Basah yang Enak untuk CamilanFoto: Istimewa


Ada sale pisang basah yang punya rasa manis menggigit. Selain sale basah, ada pula sale pisang yang digoreng kering dengan balutan tepung. Rasanya manis dan bertekstur renyah.

Tidak semua jenis pisang dapat diolah menjadi sale. Pisang raja nangka, tanduk, dan kapas tergolong jenis pisang yang bisa diolah menjadi sale.

Olahan sale pisang memanfaatkan proses pengeringan dan pengasapan untuk mengurangi kadar air buah. Sehingga membuat pisang lebih tahan lama.

Terdapat tiga pengolahan sale pisang. Ada cara tradisional menggunakan asap kayu, pengasapan dengan asap belerang dan cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit.

Sale Pisang Kering dan Basah yang Enak untuk CamilanFoto: Istimewa


Dalam pembuatan sale kering, pisang diiris tipis terlebih dahulu. Baru kemudian dijemur di bawah sinar matahari atau di atas tungku sampai kering. Selanjutnya pisang digoreng dengan balutan adonan tepung. Biasanya tersedia sale pisang kering dengan pilihan rasa original dan keju.

Kualitas pisang sale bisa terlihat dari warna, rasa, bau, kekenyalan dan daya simpannya. Pisang sale yang enak punya tekstur renyah serta sensasi sedikit asam. Ini berasal dari buah pisang yang masak. Nah kalau Anda, suka sale pisang kering atau basah?

Baca juga: 5 Gerai Ini Punya Pisang Goreng Nugget Enak dengan Topping Nutella hingga Oreo (msa/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Pisang Populer