Jajanan Pisang Populer

Yuk, Manfaatkan Sisa Pisang Matang Jadi Brownies Enak dengan Cara Praktis Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 17 Okt 2017 14:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Pisang Populer
Jakarta - Buah pisang yang kulitnya sudah berwarna kecokelatan bisa dimanfaatkan jadi sajian enak lho. Yuk,bikinbrownies pisang enak untuk camilan anak di rumah!
Membuat brownies tidaklah sulit. Perpaduan pisang dan cokelat ternyata bisa jadi kombinasi yang tepat. Lapar sepulang sekolah, si kecil pasti suka dengan sajian brownies pisang ini.
1. Bahan

Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat brownies pisang.Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat brownies pisang. Foto: iStock
Siapkan 80 gram mentega, 200 gram dark cooking chocolate (potong), 120 gram pisang ambon (halus), 100 gram gula pasir, 50 gram tepung terigu protein sedang, 2 butir telur, 15 gram cokelat bubuk, 1/4 sdt baking powder dan 80 gram chocolate chips.
2. Lelehkan cokelat

Lelehkan cokelat untuk campuran adonan brownies pisang.Lelehkan cokelat untuk campuran adonan brownies pisang. Foto: iStock
Lelehkan mentega, matikan api. Tambahkan potongan dark cooking chocolate, aduk hingga larut dan tambahkan lumatan pisang.
3. Buat adonan

Campurkan adonan brownies pisang.Campurkan adonan brownies pisang. Foto: iStock
Campurkan tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk dan lelehan cokelat, aduk hingga rata. Kemudian kocok telur dan gula hingga berbuih dan tuangkan ke dalam campuran cokelat hingga rata. Tambah dengan chocolate chips, aduk rata.
4. Pangagang dan sajikan

Masukkan adonan brownies dalam oven.Masukkan adonan brownies dalam oven. Foto: iStock
Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan diberi alas kertas roti. Panggang dalam oven dan panaskan sekitar 180 derajat celcius selama 45 menit. Setelah matang, Anda bisa menyajikannya hangat-hangat atau dingin. Selamat mencoba!
(lus/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Pisang Populer