Biar Masak Tak Kelamaan di Dapur, Lakukan 6 Trik Ini

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Selasa, 10 Okt 2017 09:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Memasak terkadang membutuhkan waktu yang lama. Apalagi proses persiapan bahan hingga pengolahan bisa membuang banyak waktu, terutama bagi Anda yang sibuk.

Rangkaian memasak bukan hanya sekedar mencampurkan bahan makanan. Akan tetapi Anda harus mencuci sayuran, mengupas bumbu, menghaluskan bumbu sampai mendidihkan air. Agar semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, Real Simple punya beberapa tips untuk Anda agar tak berlama-lama di dapur.

Baca juga: 5 Trik Ini Bisa Bikin Masak Jadi Lebih Cepat dan Mudah

1. Tentukan Waktu Anda

Sebelum memasak, pastikan Anda sudah membaca resep dengan baik secara keseluruhan. Kemudian siapkan bahan hingga alat serta tentukan menu makanan apa yang ingin Andaa sajikan. Hindari memasak makanan yang membutuhkan perhatian konstan seperti ayam panggang.

Jika Anda hendak membuat sarapan, sebaiknya rencanakan dan siapkan bahannya pada malam hari, agar keesokan harinya Anda tidak kerepotan untuk menyiapkan bahan makanan.

2. Gunakan Jasa Delivery

Belanja memang bisa menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Pesan beberapa kebutuhan dapur seperti beras, kacang kaleng, sayuran beku, pasta, tomat, dan lain sebagainya menggunakan jasa pengiriman atau memesan belanjaan via online.

Dengan demikian, waktu Anda untuk berbelanja di supermarket ataupun pasa akan lebih cepat dan tidak lagi membutuhkan daftar list yang panjang.

Biar Masak Tak Kelamaan di Dapur, Lakukan 6 Trik IniFoto: iStock

3. Lengkapi Dapur Anda

Dapur yang lengkap dengan bahan makanan tentu akan menghemat waktu memasak. Kulkas Anda harus diisi dengan makanan yang Anda sukai dan paling sering dimasak, sehingga saat ingin memasak Anda tidak perlu berpikir panjang masakan apa yang akan Anda santap.

Anda bisa saja melengkapi kulkas Anda dengan sosis beku, kacang polong, keju, atau sayuran brokoli dan perseteli. Agar lebih memudahkannya lagi, bisa juga menyimpan pasta, biji-bijian dan makanan kaleng di kulkas Anda.

4. Alat bantu memasak

Memotong bahan makanan memang memerlukan keterampilan yang tinggi agar cepat dalam memotong menggunakan pisau. Namun, bagaimana jika Anda membutuhkan waktu banyak hanya untuk memotong dan menyiapkan bahan makanannya saja?

Untuk membantu masakan cepat matang, gunakan food processor untuk mencincang dan mengiris sayuran, rice cooker untuk memasak daging, oven, dan blender untuk membantu Anda dalam tahap penyiapan bahan makanan.

Biar Masak Tak Kelamaan di Dapur, Lakukan 6 Trik IniFoto: iStock

5. Memasak Dalam Jumlah Besar

Saat ingin memasak, pikirkan untuk berapa orang makanan tersebut akan di santap. Jika hanya untuk seorang diri, sebaiknya Anda menyajikan makanan untuk dua orang, jika untuk dua orang maka Anda menyajikannya untuk empat orang. Begitu seterusnya.

Makanan sisa dapat Anda simpan dengan baik dalam wadah di dalam freezer. Ketika akan memakannya, cukup dihangatkan kembali sehingga lebih menghemat waktu.

Biar Masak Tak Kelamaan di Dapur, Lakukan 6 Trik IniFoto: iStock

6. Jangan Gunakan "Resep"

Sebaiknya jangan membaca resep saat Anda ingin membuat makanan yang dibutuhkan segera. Anda bisa saja membacanya namun fokuslah pada detail-detailnya seperti lama waktu memasak, cara memotong bahan, bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dan alat masak seperti apa yang akan digunakan.

Karena jika Anda belum menguasai resep, tentu akan membutuhkan waktu lama dan kemungkinan besar bisa membuat dapur lebih berantakan.

Baca juga: Dengan 5 Trik Ini Memasak Makan Malam Enak Bisa Lebih Praktis (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com