Dibandrol 1,4 Juta Per Kilo, Gimana Ya Rasa Beras Paling Mahal di Dunia Ini?

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 09 Okt 2017 18:20 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Produsen beras asal Jepang ini memiliki predikat beras termahal di dunia. Per kilogramnya, beras ini dibandrol dengan harga sekitar 1,4 juta rupiah. Kok bisa?

Salah satu perusahaan beras di Jepang bernama Toyo Rice Corporation memulai industrinya pada tahun 1961. Berawal dengan menciptakan mesin penggiling beras yang dapat memisahkan batu yang sering ada dalam butiran beras. Di tahun 1991, perusahaan yang berfokus pada pengembangan benih padi berkualitas tinggi ini juga mulai memproduksi beras tanpa perlu dibilas yang kabarnya pertama di dunia.

Baca juga: Teknik 'Buffing' Membuat Beras Kinmemai Tak Perlu Dicuci dan Lebih Bernutrisi

Kinmemai premium yang dinobatkan sebagai beras paling mahal di dunia.Kinmemai premium yang dinobatkan sebagai beras paling mahal di dunia. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Memiliki beberapa produk beras, Kinmemai mengeluarkan jenis premium. Terdaftar di Guinness World Records tahun lalu, beras ini jadi yang termahal di dunia. Dikutip dalam Channel News Asia (06/10), beras Premium Kinmemai ini dijual dengan harga $ 109 atau sekitar 1,4 juta rupiah per kilogramnya.

Produk ini bisa dipesan secara online melalui website resmi yaitu www.kinmemai.com dengan harga $ 155 atau sekitar 2 juta untuk satu kotak dengan isian 6 sachet yang masing-masing memiliki berat 140 gram mulai November mendatang.

Baca juga: Inilah 6 Tahapan Pengolahan Beras Superfood Sebelum Jadi Nasi Pulen

Satu kilo beras ini dibandrol dengan harga 1,4 juta rupiah!Satu kilo beras ini dibandrol dengan harga 1,4 juta rupiah! Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Kinmemai premium diciptakan dengan campuran yang terdiri dari lima varietas padi yang merupakan pemenang penghargaan dari Prefektur Gunma, Gifu, Kumamoto, Nagano dan Niigata. Menurut perusahaan, beras akan disimpan dan 'dimatangkan' selama 6 bulan untuk meningkatkan tekstur dan juga rasanya. Jika dibandingkan dengan beras Jepang biasa, Kinmemai Premium ini disebut lebih unggul dalam hal rasa, tingkat kemanisan, dan juga profil dari nilai gizinya.

Tidak hanya memiliki produk Kinmemai Premium. Perusahaan ini juga memiliki dua jenis produk lainnya yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Kinmemai Better White dan Kinmemai Better Brown. Kinmemai Better White dibandrol dengan harga $9,40 per 1 Kg atau sekitar Rp 127.000 dan Kinmemai Better Brown dengan harga Rp 132.500.

Toyo Rice Corporation menyebutkan bahwa beras yang mereka produksi ini bisa dikatakan sebagai "Superfood" karena memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Mereka menggunakan teknik buffing, yang merupakan teknik pengolahan padi yang menghasilkan teknik pengolahan padu dengan tetap menjaga lapisan sub aleuron dan germ. Lapisan ini diklaim banyak mengandung nutrisi seperti vitamin B1, B6, E, niacin dan asam folat.

Folus ekspansinya khusus pada pasar-pasar utama seperti Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Indonesia, Hongkong, Taiwan dan Australia. Di luar Jepang, saat ini Kinmemai Premium sudah tersedia di Singapura dan nantinya akan diluncurkan di Hong Kong tahun depan.

Baca juga: Beras 'Superfood' Kinmemai dari Jepang Akan Dipasarkan di Indonesia (lus/odi)
Load Komentar ...