Makanan Super Pedas

Ini Dia 10 Cabai Terpedas di Dunia, Rasanya Seperti Apa Ya? (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 06 Okt 2017 15:51 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas
Jakarta - Pedasnya benar-benar nyelekit! 12 macam cabai yang disebut-sebut paling pedas di dunia. Tapi beberapa diantaranya justru enak dipadu jadi masakan. Penasaran?

Makanan pedas yang dijadikan campuran masakan memang bisa menambah nafsu makan. Di dunia, cabai ternyata memiliki ukuran tingkat kepedasan yang disebut dengan SHU atau scoville heat units. Dari sekian banyak jenis cabai, inilah cabai yang disebut-sebut paling pedas di dunia.

Baca juga: Dragon's Breath, Cabai Super Pedas yang Bisa Digunakan sebagai Obat Bius

1. Carolina Reaper

Pada November 2013, Carolina Reaper dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia. Cabai ini berhasil dikembangkan oleh Ed Currie dari South Carolina dan bahkan sudah diuji kepedasannya oleh Winthrop University dalam kelas uji coba makanan.

Carolina Reaper ini memiliki bentuk bulat dengan tekstur seperti cabai keriting dengan warna merah cerah. Di bagian bawah cabai, terdapat sebuah 'ekor' yang menyerupai bentuk buntut kalajengking, sehingga memberi kesan bahwa cabai ini sangat menyengat.

Saat uji coba, cabai ini mendapatkan 1.569.300 Scoville Heat Unit. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan jalapeno yang hanya sekitar 5.000 Scoville Heat Unit. Tingkat kepedasan Carolina Reaper disebut-sebut setara dengan pedasnya 2,2 juta cabai merah biasa.Wow!

Carolina Reaper, salah satu cabai terpedas di dunia.Carolina Reaper, salah satu cabai terpedas di dunia. Foto: Youtube

2. Trinidad Moruga Scorpion

Di Albuquerque, New Mexico, ada varietas cabai baru yang super pedas. Cabai ini rasanya sangat pedas dan ketika memakannya akan mengeluarkan air mata dan keringat mengucur. Penelitian yang dilakukan oleh New Mexico State University's Chile Pepper Institute telah mengidentifikasi varietas cabai terpedas di bumi ini.

Rasa pedasnya melebihi 1,2 juta cabai Scoville. Saat mengigit cabai ini rasanya tidak terlalu pedas, namun pada gigitan berikutnya Anda akan merasakan sensasi pedasnya yang luar biasa.

3. Trinidad Scorpion "Butch T"
Memiliki tingkat kepedasan sebesar 1,46 juta SHU (Scoville Heat Unit) , cabai yang ditanam oleh Butch Taylor dari Zydeco Hot Sauce dan dikembangkan Chili Factory ini pernah menduduki tahta sebagai cabai terpedas pada 2012. Anda mau coba?

Berani coba? Cabai terpedas di dunia ini?Berani coba? Cabai terpedas di dunia ini? Foto: Youtube

4. Naga Viper
Cabai jenis Naga Viper ini bentuknya agak bulat dan gendut. Petani cabai bernama Gerald Fowler dari The Chilli Pepper Company yang terletak di Inggris adalah seseorang yang menciptakannya. Tingkat kepedasannya hingga 1,38 juta SHU (Scoville Heat Unit).

Jika Anda memakannya, akan membuat lidah Anda terasa kebas dan sensasi panasnya akan membuat perut seperti terbakar. Hii seram!

5. Komodo Dragon
Bentuk cabai ini gendut pendek dengan warna oranye mirip cabai rawit merah. Ukuran pedas cabai Komodo Dragon ini mencapai 1.4m Scovilles. Rasa pedas Komodo Dragon ini 400 kali dari rata-rata cabai jalapeno yang hanya mencapai 3.500 Scoville.

Cabai jenis ini ditanam di Blunham, Bedfordshire oleh produsen cabai terbesar, Salvatore Genovese. Cabai ini sudah dicoba dibudidayakan selama 15 tahun dengan penyesuaian cuaca Inggris.

Huaah! Cabai ini punya rasa terpedas di dunia.Huaah! Cabai ini punya rasa terpedas di dunia. Foto: Istimewa

6. 7 Pot Primo
Bentuknya memang agak aneh. Akan tetapi cabai ini ternyata memiliki tingkat kepedasan mencapai 1,47 juta SHU (Scoville Heat Unit). Cabai ini merupakan hasil persilangan jenis Naga Morich dan Trinidad 7 Pot dan sudah ditanam sejak tahun 2005 dan tumbuh hingga 8 generasi.

Baca juga: Tak Sengaja Makan Cabe Terpedas di Dunia, 24 Anak Alami Kesakitan (lus/odi)
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas
Menu Ke-14 : Olahan Seafood Enak, Udang Bakar dan Sambal Kerang Dara

Menu Ke-14 : Olahan Seafood Enak, Udang Bakar dan Sambal Kerang Dara