Makanan Super Pedas

10 Makanan Tradisional Indonesia Ini Terasa Pedas Nikmat (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 04 Okt 2017 18:08 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Ada banyak makanan tradisional Indonesia yang rasanya pedas. Mulai dari makanan khas Minang hingga Manado. Kalau Anda suka yang mana?

Cabai banyak dipakai dalam masakan tradisional karena orang Indonesia banyak yang suka pedas. Penambahan cabai membuat rasa hidangan lebih nikmat sekaligus membangkitkan selera makan. Berikut 10 makanan tradisional Indonesia yang rasanya pedas.

1. Penyetan

10 Makanan Tradisional Indonesia Ini Terasa Pedas Nikmat (1)Foto: dok. detikFood

Penyetan merupakan makanan khas Jawa Timur. Aneka lauk gurih seperti ayam goreng, empal, cumi, paru, bakso, tahu atau tempe digeprek di atas cobek bersama sambal ulek yang sangat pedas. Ada banyak tempat makan penyetan favorit di Jakarta. Diantaranya Warung Bu Kris, Penyetan Cok, Ayam Penyet Everest dan Geprek Bensu.

2. Makanan Minang

10 Makanan Tradisional Indonesia Ini Terasa Pedas Nikmat (1)Foto: dok. detikFood

Makanan Minang dikenal berani bumbu karena menggunakan banyak rempah dan cabai. Hasilnya beberapa menu terasa agak pedas. Seperti dendeng balado yang menggunakan cabai merah dan dendeng batokok yang memakai cabai ijo. Aneka gulai dan rendang juga terasa pedas bagi beberapa orang.

3. Bebek Madura

10 Makanan Tradisional Indonesia Ini Terasa Pedas Nikmat (1)Foto: dok. detikFood

Bebek Madura adalah olahan bebek terkenal dari Madura. Biasanya dijual sekaligus bersama nasi sehingga banyak orang mengenalnya nasi bebek. Racikan nasi bebek adalah nasi hangat dengan lauk bebek goreng. Sebelumnya bebek dibalut bumbu ketumbar yang gurih, kemudian disiram sambal warna hitam. Sambal inilah yang punya rasa pedas dahsyat. Bebek Madura enak salah satunya bisa dinikmati di Nasi Bebek Mak Isa, Pulo Gadung yang tersohor.

4. Rica-rica

10 Makanan Tradisional Indonesia Ini Terasa Pedas Nikmat (1)Foto: dok. detikFood

Dari Manado ada hidangan rica-rica yang berarti pedas dan panas dalam bahasa Indonesia. Lauknya bisa berupa ayam, ikan atau daging. Soal bumbu rica-rica, bahan utamanya adalah tomat segar, cabai, bawang putih, bawang merah dan jahe. Bumbu rica-rica ini nantinya disebar di atas permukaan lauk. Paling pas memang dilahap dengan nasi hangat.

5. Oseng-oseng mercon

10 Makanan Tradisional Indonesia Ini Terasa Pedas Nikmat (1)Foto: Jalan Jogja

Penamaan 'mercon' pada hidangan oseng-oseng merujuk pada rasa pedasnya. Hidangan khas Jawa ini biasanya dibuat dari daging tetelan sapi dan cabai rawit. Sebagai perbandingan, biasanya 500 gram daging tetelan sapi dibuat dengan 250 gram cabai rawit. Dijamin bikin mulut terbakar, huahh!

(adr/odi)