Cantiknya Ruby Chocolate, Cokelat Pink dari Biji Kakao Istimewa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 06 Sep 2017 11:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pink agaknya akan jadi tren tema makanan terbaru. Setelah donat milennial warna pink, kini ada cokelat pink cantik rasa berry!

Jenis cokelat kini tak hanya dark, white dan milk chocolate saja. Produsen cokelat asal Swiss baru saja memperkenalkan cokelat pink bernama ruby chocolate.

Dikutip dari Bloomberg (5/9), Berry Callebaut AG tidak memakai pewarna buatan untuk hasilkan warna pink pada cokelat. Mereka gunakan pewarna alami yang berasal dari proses esktraksi biji kakao spesial.

Cantiknya <i>Ruby Chocolate</i>, Cokelat Pink dari Biji Kakao IstimewaFoto: Istimewa

Baca Juga: Setelah Gummy Bear, Kini Ada Cokelat Rose Wine yang Manis Enak

Adapun biji kakao yang dipakai untuk membuat ruby chocolate berasal dari Pantai Gading, Ekuador dan Brazil. Produsen juga mengklaim tak menggunakan berry sebagai pewarna buatan cokelat.

Chief Executive Officer Antoine de Saint-Affrique menjelaskan ruby chocolate punya rasa berry alami yang asam manis. "Cokelat ini alami, warnanya cantik dan hedonistik. Ada aspek menyenangkan dari ini tapi ruby chocolate tetap menjaga keautentikan cokelat," tuturnya. Ia berpendapat ruby chocolate cocok untuk kaum milennial.

Butuh waktu beberapa tahun untuk mengembangkan ruby chocolate. Seperti diketahui, cokelat punya tekstur kompleks dan ada tantangan untuk mempertahankan tekstur maupun rasanya.


Baca Juga:
Cokelat Rasa Baileys dan Earl Grey yang Unik Cocok Jadi Hadiah

Cantiknya <i>Ruby Chocolate</i>, Cokelat Pink dari Biji Kakao IstimewaFoto: Istimewa

Untuk promosinya, ruby chocolate diperkenalkan di China. Sebelumnya perusahaan juga menguji coba produk di Inggris, Amerika Serikat, Chika dan Jepang. "Kami dapat respons bagus di negara-negara yang kami pilih untuk uji coba, tapi kami juga mendapat respons sangat bagus di China dimana penjualan cokelat di sana cukup tak biasa," lanjut Antoine.

Penjualan ruby chocolate diharapkan bisa mendorong penjualan cokelat global yang terus menurun. Mengingat tampilan cokelat yang unik, ruby chocolate juga cocok dipasarkan untuk Valentine nanti.


(adr/adr)