Hilangkan Bau Tak Sedap pada Lemari Es dengan Bahan Murah Ini

Regita Lorena - detikFood Rabu, 06 Sep 2017 10:14 WIB
Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta - Membersihkan lemari es terkadang tak bisa hilangkan bau. Daripada membeli produk penghilang bau kulkas, gunakan bahan lebih murah di dapur Anda.

Lemari es akan berbau busuk jika kita tidak cukup sering membersihkannya. Tapi terkadang, membersihkannya secara menyeluruh juga tidak bisa menghilangkan bau pada lemari es.

Banyak produk rumah tangga praktis yang ditawarkan dapat menyingkirkan bau pada lemari es. Alih-alih membeli produk yang belum terbukti khasiatnya tersebut, Anda bisa menggunakan barang yang sangat umum dan murah yaitu soda kue. Menurut ahli kebersihan di Good Housekeeping Institute, soda kue (sodium bikarbonat) merupakan salah satu solusi agar lemari es bebas dari bau, lapor dailymail.co.uk (31/8).

Hilangkan Bau Tak Sedap pada Lemari Es dengan Bahan Murah IniFoto: thinkstock

Jika lemari es mulai berbau, ahli kebersihan menganjurkan untuk menyeka rak dengan larutan soda kue 15ml (atau 1 tbsp) untuk 1 liter air hangat. Tidak hanya itu, cairan steril juga dapat bekerja menghilangkan bau pada lemari es.

Namun, untuk menjaga agar lemari tak berbau, ada trik lain yang bisa dilakukan. Cukup menaruh wadah terbuka berisi soda kue di dalam lemari es. Tempatkan wadah di tempat yang aman, atau jauh dari jangkauan anak.

Hilangkan Bau Tak Sedap pada Lemari Es dengan Bahan Murah IniFoto: Getty Images

Hal tersebut dapat dilakukan selama tiga bulan, sehingga Anda harus sering memeriksanya untuk tahu kapan harus diganti.

Tapi tetap saja, cara terbaik untuk mencegah kulkas dari bau adalah membersihkannya sesering mungkin dengan menggosok semua permukaan lemari es dengan kain lembab. Kemudian mengelap dengan kain kering. Bagian luarnya bisa dibersihkan dengan larutan sabun cuci, tapi cukup gunakan kain lembab pada bagian logam.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com