Nasi Kebuli Berlauk Kambing Goreng Sedap dari Restoran Berusia 50 Tahun Lebih

Maya Safira - detikFood Jumat, 01 Sep 2017 15:46 WIB
Foto: detikcom
Jakarta - Sudah lebih dari 50 tahun, restoran ini mempertahankan resep turun temurun. Seperti sajian nasi kebuli yang diberi potongan kambing goreng nan empuk.

Restoran Puas Ibu Hj. Maryam termasuk salah satu penyedia nasi kebuli tersohor di Jakarta. Maklum saja karena restoran di Jl. Raya Condet ini sudah berdiri sejak tahun 1965.

"Awalnya dari nenek saya, habis itu dilanjutkan ayah saya baru saya. Udah generasi ketiga jadinya," ujar Ali yang kini menjalankan restoran bersama kakaknya, Nabil.

Baca juga: Daging Kambing dan Sapi Juga Enak Diolah Jadi Nasi Kebuli

Nasi Kebuli Berlauk Kambing Goreng Foto: detikcom

Menu andalan restoran ada nasi kebuli, nasi briyani hingga martabak telur. Untuk nasi pengaruh Timur Tengah itu, Ali mengaku resepnya sudah turun temurun dan tidak berubah.

"Bumbu khasnya Timur Tengah cuma sudah disesuaikan sama lidah Indonesia. Jadi cocok dimakan orang Indonesia, nggak asing lah. Dari dulu memang sudah sesuaikan sama di sini. Perubahan berarti sih nggak ada. Makanannya tetap sama, dari dulu nggak berubah. Jumlah makanan yang berubah, jadi makin banyak," tutur Ali.

Nasi Kebuli Berlauk Kambing Goreng Foto: detikcom

Adapun perbedaan nasi kebuli dan briyani terletak pada pemakaian bumbu dan jenis beras. "Kalau briyani itu nasinya impor, berasnya panjang-panjang. Kalau kebuli pakai beras lokal. Briyani warnanya juga beda, ada pakai kunyit. (Bumbu) lebih banyak kebuli," jelas Nabil kepada Detikfood (30/8).

Kedua nasi bisa diberi pelengkap ayam atau kambing goreng. Tapi kambing lebih populer.

"Daging (kambing) kita beda dari yang lain. Biasanya kalau di tempat lain itu bau. Kambing kalau nggak bisa olahnya ya hasilnya bau, keras. Kalau kita dagingnya empuk, nggak bau. Itu sudah direbus, dipresto beberapa jam baru digoreng," tambah Nabil.

Sebagai pelengkap nasi ada acar pedas segar berisi potongan tomat, mentimun dan nanas. Tersedia juga sambal nanas yang pedas untuk melengkapi makan nasi briyani. Proses pembuatan nasi kebuli dan briyani berlangsung di rumah. Baru kemudian makanan diantar ke restoran. Nantinya tinggal dipanaskan ketika ada yang memesan.

Baca juga: Nasi Biryani Bisa Dipadukan dengan Daging Kambing atau Sapi

Nasi Kebuli Berlauk Kambing Goreng Foto: detikcom

Meski tetap setia dengan menu nasi kebuli dan briyani, Restoran Puas yang kini lebih menonjolkan nama "Martabak Puas" melakukan inovasi. Baik pada menu maupun konsep.

"Sebenarnya sekitar setahun lalu mulai berubah. Sejak ayah saya percayakan ke kita. Regenerasi lah. (Perubahan) lebih banyak ke fisik restoran. Pindah dapur, parkiran," ucap Ali.

Menu juga ikut berubah. Salah satu menu baru yang kekinian yaitu Roti John Cheese. Roti ini diisi telur, sayuran, daging, mayonnaise dan saus black pepper. Kemudian atasnya bisa ditambah lelehan keju mozzarella. Nyam!


(msa/odi)