Kreatif! Dessert Alpukat Ini Tampilannya Persis Alpukat Asli

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 31 Agu 2017 09:07 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah restoran di New York ramai diperbincangkan karena kreasi dessert uniknya. Tampilannya persis alpukat dengan daging buah berwarna hijau kekuningan.

Segala hal berbau alpukat rupanya masih digemari. Bukan hanya dikonsumsi sebagai buah segar atau smoothies saja, alpukat kini juga dikreasikan jadi dessert yang cantik dan unik.

Adalah restoran Empellon di New York yang baru saja memperkenalkan "Avocado Dessert." Selintas tampilan dessert ini layaknya potongan alpukat asli. Lengkap dengan kulit hijau tua bertekstur keras yang masih membalut daging buah alpukat. Tapi chef sekaligus pemilik Empellon, Alex Stupak rupanya memberi sentuhan berbeda.

Baca Juga: 'Avocado Hand,' Insiden Saat Potong Alpukat yang Makin Banyak Terjadi

Kreatif! Dessert Alpukat Ini Tampilannya Persis Alpukat AsliFoto: Istimewa

"Avocado Dessert" diolah dari alpukat, jeruk nipis dan whipped cream. Ketiga bahan utama ini dikocok jadi satu hingga jadi adonan bentuk pasta yang kental. Selanjutnya adonan dimasukkan dalam piping bag dan dicetak dalam cetakan silikon berbentuk alpukat.

Setelah adonan mengeras, Empellon mengubah tampilan dessert ini. Mereka menggunakan airbrush yang disemprotkan pada permukaan dessert. Warnanya hijau kekuningan sehingga benar-benar mirip alpukat.

Makin istimewa karena "Avocado Dessert" disajikan bersama yogurt eucalyptus dan lime snow di sekelilingnya. "Kebanyakan orang merasa tersinggung begitu dessert ini disajikan. Mereka melihatnya dan seolah bertanya 'Kenapa saya malah diberi alpukat mentah?,'" tutur Alex Stupak seperti dikutip dalam Insider (29/8).

Alex melanjutkan, "Tapi begitu mereka menyendok alpukat, mereka langsung sadar apa yang mereka pikir kulit alpukat ternyata amat lembut dan creamy. Trik seperti ini disukai orang selamanya."

Baca Juga: Lembut Creamy, Alpukat Creme Brulee Mudah Dibuat dengan Cara Ini


Kreatif! Dessert Alpukat Ini Tampilannya Persis Alpukat AsliFoto: Istimewa

Meski dibuat dengan alpukat dan berbentuk persis alpukat, beberapa pengunjung menilai rasa dessert ini mirip Key Lime Pie. Selain dessert, alpukat juga banyak dijadikan krim untuk olesan cake. Penggunaan alpukat dinilai bisa hasilkan warna hijau cantik sekaligus menggantikan mentega yang tinggi kalori.

Krim dibuat sama seperti buttercream klasik pada umumnya, hanya saja mentega diganti dengan buah alpukat yang sudah matang. Krim alpukat ini cocok dipadukan dengan kue cokelat, cupcakes vanilla hingga lemon cake.

Baca Juga : Lebih Sehat Olesan Cake Ini Dibuat dari Krim Buah Alpukat (odi/odi)