Ini 6 Kesalahan Sepele yang Sering Dilakukan Saat Memasak Nasi

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 28 Agu 2017 18:33 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Terlihat gampang, memasak beras dan air. Nyatanya banyak orang masih melakukan kesalahan sepele saat masak nasi hingga nasi kurang enak rasanya.

Ada banyak jenis beras, mulai dari beras putih, beras pecah kulit hingga beras merah. Ternyata dalam memasak beras ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Tidak asal mencampurkan beras dengan air dan memasaknya di atas api saja.

Ini 6 kesalahan sepele dalam memasak nasi yang dilansir dari Mashed dan berbagai sumber, bisa jadi sering juga Anda lakukan di rumah.

Baca Juga: Kurangi Kadar Arsenik, Ini Cara Tepat Memasak Nasi yang Sehat

Ini 6 Kesalahan Sepele yang Sering Dilakukan Saat Memasak NasiFoto: iStock

1. Pakai panci yang salah

Beragam jenis panci bisa dipakai. Sebaiknya pilih panci berdasar tebal atau panci dengan lapisan antilengket.

Panci berdasar tebal akan menyimpan panas lebih lama sehingga nasi tak cepat gosong. Sebaliknya panci aluminium yang tipis akan membuat nasi mudah gosong.

Kalau ada gunakan panci antilengket sehingga beras tidak berkerak dan gosong di dasarnya. Lebih baik lagi jika ada rice cooker.

2. Tidak mencuci beras
Banyak yang mengklaim bahwa mencuci beras bisa hilangkan nutrisi dan juga vitaminnya. Padahal, justru beras mengandung banyak debu dan juga kotoran. Sangat penting untuk mencuci beras sebelum dimasak.

Cobalah sesekali menampung air bekas cucian beras dalam mangkuk, jika terlihat putih dan jernih, beras sudah bersih. Tapi jika terlihat agak keruh dan kecokelatan sebaiknya cuci sebelum dimasak.

Ini 6 Kesalahan Sepele yang Sering Dilakukan Saat Memasak NasiFoto: iStock

3. Terlalu banyak air

Nasi yang benar cara menanaknya, aromanya akan harum. Jika air terlalu banyak dan waktu memasak terlalu lama akan membuat aromanya hilang. Beras juga akan lembek dan aromanya kurang enak.

Untuk membuat beras tetap matang sempurna dalam waktu singkat, sebaiknya rendam beras 1 jam sebelum dimasak. Beras yang sudah sedikit empuk hanya membutuhkan sedikit air dan waktu untuk memasaknya.

4. Tidak menambahkan cukup air
Jumlah air yang dibutuhkan untuk memasak tergantung dari jenis berasnya. Jika ragu,gunakan metode knuckle. Dengan cara mengukur nasi saat memasak dengan cara meletakkan jari Anda di atas nasi. Air harus sampai di bagian pertama ruas buku jari terunjuk Anda.

Jika kurang air, nasi akan pera dan keras teksturnya.

Ini 6 Kesalahan Sepele yang Sering Dilakukan Saat Memasak NasiFoto: iStock/Istimewa

5. Menambahkan garam

Nasi sebenarnya mirip dengan pasta. Jika Anda menambahkan garam ke dalam air, maka nasi akan menjadi lebih cepat lunak dan hancur, padahal belum matang sempurna.

6. Memasak beras merah seperti beras putih
Saat memasak beras merah, tambahkan air 100 ml air lebih banyak untuk setiap cup beras merah dibanding saat memasak beras putih. Untuk menjadi lunak, beras merah memerlukan lebih banyak air. Dibandingkan beras putih.

Baca Juga: Dengan Rice Cooker Bisa Bikin 5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal atau Sarapan

(adr/adr)