Street Food Kekinian

Bukan Hanya Oncom, Combro Juga Enak dengan Isian Daging Ayam, Tuna hingga Sosis!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 26 Agu 2017 13:29 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Jakarta - Combro biasanya hanya berisi oncom pedas saja. Tapi ada juga variasi combro dengan isian menggugah selera. Tuna, ayam hingga sosis jadi pilihannya.

Siapa tak tahu combro? Camilan bulat lonjong ini warnanya kuning keemasan. Combro dibuat dari singkong parut yang diisi adonan oncom pedas. Nama 'combro' berasal dari bahasa Sunda, berupa singkatan 'oncom di jero' yang berarti oncom di dalam.

Bukan Hanya Oncom, Combro Juga Enak dengan Isian Daging Ayam, Tuna hingga Sosis!Foto: Istimewa


Combro terbuat dari parutan singkong, kelapa dan isian berupa oncom yang dilumatkan dengan aneka bumbu seperti bawang merah, putih, daun bawang dan lainnya. Adonan lalu dibentuk bulat panjang dan digoreng dengan api sedang.

Baca Juga: Yuk, Bikin Combro Gurih Renyah untuk Camilan Berbuka!

Proses penggorengan haruslah tepat. Pasalnya jika api terlalu kecil, kadang kala oncom jadi keras. Sedangkan jika apinya terlalu besar isian combro tidak matang menyeluruh.

Bukan Hanya Oncom, Combro Juga Enak dengan Isian Daging Ayam, Tuna hingga Sosis!Foto: Istimewa


Seiring waktu, combro mendapat sentuhan inovasi. Beberapa tahun lalu sempat populer combro jeletot. Isian oncom dibuat super pedas dengan tambahan cabai rawit. Menyantap combro jeletot dijamin bikin keringat bercucuran. Kalau mau membuatnya, Anda bisa melihat resep ini.

Ada juga yang mengkreasikan isian combro. COMeBROther dari Bandung, misalnya, tawarkan combro dengan varian rasa tuna pedas dan ayam pedas selain oncom pedas. Bentuknya lonjong dengan isian padat.

Baca Juga: Santa 88: Combro, Roti Cheese Jon Klasik hingga Mie Ayam Sedap Ada di Sini

COMeBROther tawarkan combro mentah yang bisa dikirim ke luar kota. Sehingga penggemar combro bisa mencicipnya dengan menggoreng sendiri di rumah.

Bukan Hanya Oncom, Combro Juga Enak dengan Isian Daging Ayam, Tuna hingga Sosis!Foto: Istimewa


Ada juga Combro Teroris atau Commris yang populer di Bandung. Isian combro di sini lebih beragam dengan pilihan mangga, sosis ayam, terasi udang, telur dadar, jagung, abon, bakso dan keju. Semakin enak karena ada level kepedasan yang bisa dipilih. Mulai dari petasan, mercon dan granat. Huahh! (msa/odi)
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Load Komentar ...