Dessert dari Mangga

Segarnya Lassi dari India, Paduan Mangga Segar dengan Yogurt

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 11 Agu 2017 18:31 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Dessert dari Mangga
Jakarta - Jus mangga yang segar manis juga lebih bernutrisi. Orang India memadukan dengan yogurt menjadi mango lassi yang lebih segar.

Kalau mau tahu sajian mangga yang dicampur dengan yogurt, pilihlah minuman ini. Hidangan minuman yang satu ini asalnya dari India dan biasa dijadikan sebagai minuman untuk melepas dahaga.

Jika ditilik dari asal usulnya, minuman ini bernama asli Lassi yang merupakan minuman populer di beberapa negara Asia. Akan tetapi secara tradisional, lassi sangat populer di kawasan India Utara khususnya di negara bagian Punjab, Haryana dan Pakistan.

Baca juga: Lembut Manis, Puding Mangga Saus Vanilla Bisa Dibuat dengan 4 Langkah Ini!

 Segarnya Lassi dari India, Paduan Mangga Segar dengan YogurtFoto: iStock

Disebut dalam beberapa sumber, lassi dengan rasa manis juga biasanya disajikan madu untuk persembahan ritual keagamaan. Namun secara umum, lassi disajikan dengan susu dan berlapis krim tipis di atasnya. Lassi juga dipercaya sebagai obat gastroenteritis. Biasanya masyarakat India mencampurkan lassi dengan bubuk kunyit.

Lassi tradisional umumnya terasa asin, dan sering disebut sebagai minuman gurih karena dibumbui dengan jinten. Sedangkan lassi manis tidak dibuat dengan mencampurkan rempah-rempah, justru ditambahkan gula atau buah-buahan tropis seperti mangga dan strawberry.

Di Punjab, India, Lassi biasanya dibuat terbuat dari yogurt yang ditambahkan air dan gula juga rempah-rempah lainnya untuk menambah rasa. Rasa minuman ini juga dikenal sebagai lassi asin karena dicampurkan dengan jinten ataupun bubuk kunyit juga sedikit garam. Mirip dengan aryan dan doogh, minuman khas Turki dan Iran yang dibumbui dengan garam.

 Segarnya Lassi dari India, Paduan Mangga Segar dengan YogurtFoto: iStock

Sedangkan lassi manis biasanya ditambahkan dengan gula, air lemon atau air mawar dan jus buah strawberry. Jenis lassi ini banyak dikenal di Pakistan sejak tahun 1947 dan dikenal dengan Saffron Lassi. Ada juga Makkhaniya Lassi yang teksturnya mirip mentega.

Varian lassi manis lainnya yang sangat populer adalah mango lassi, paling banyak ditemukan di India dan Pakistan. Lassi ini dibuat dari yogurt yang ditambahkan air dan juga pulp mangga segar. Meskipun tidak ditambahkan gula, lassi ini sudah terasa manis. Karena itu juga mango lassi sering disajikan saat dingin bersama taburan kacang pistachio.

Baca juga: Mau Buat Saus Mangga yang Legit Enak? Ini Tipsnya (lus/odi)
FOKUS BERITA Dessert dari Mangga
Load Komentar ...