Ini Cara Mengecek Makanan dalam Freezer Masih Aman Dikonsumsi atau Tidak

Regita Lorena - detikFood Kamis, 10 Agu 2017 12:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Freezer jadi andalan untuk menyimpan makanan dalam waktu yang lama. Meskipun di dalam keadaan beku makanan juga rentan alami kebusukan.

Mesin pembeku atau freezer dijadikan andalan untuk mengawetkan makanan di rumah. Biasanya freezer digunakan untuk mengawetkan makanan matang hingga bahan-bahan mentah seperti daging, seafood atau ayam.

Tidak jarang orang menyimpan bahan makanan dalam freezer untuk waktu yang cukup lama. Tapi, meskipun di dalam lemari pembeku tetapi makanan juga rentan alami kebusukan.

Seorang ahli diet dari Eat Right Ontario, Zahraa Qassim mengatakan, kondisi ideal untuk pembekuan makanan baik mentah atau matang adalah -18 Celcius.

Baca juga: Manfaatkan Freezer untuk Simpan Makanan Dengan Perhatikan 6 Hal Penting Ini

Ini Cara Mengecek Makanan dalam <i>Freezer</i> Masih Aman Dikonsumsi atau TidakFoto: Istimewa

"Orang bisa membekukan hampir semua hal. Biasanya makanan beku aman tanpa batas waktu, tapi setelah beberapa saat, mereka tidak akan enak saat meleleh atau dimasak. Pastikan makanan disimpan dalam kantong freezer dan biarkan udara berlebih keluar dari kantong sebelum disegel," ungkap Qassim seperti dikutip dari globalnews.ca (6/8).

Menurut Qassim, makanan mentah akan tahan lebih lama dalam keadaan beku. Tapi, penyimpanan yang tepat dinilai sama pentingnya dengan suhu yang ada.

Untuk itulah, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan untuk melihat apakah makanan dalam freezer masih dalam kondisi bagus atau tidak.

1. Freezer Burn
Dalam kondisi tertentu, mesin freezer dapat memberi tanda yang jelas ketika makanan sudah tak lagi layak dikonsumsi. Pada daging misalnya, akan terdapat bintik-bintik di atas daging yang terlihat kelabu atau cokelat.

Hal tersebut disebabkan oleh udara yang bersentuhan dengan permukaan daging. Daging ini masih aman untuk dimakan, tapi kualitas rasanya tidak enak. Protein yang berubagh warna tersebut dapat dialami oleh daging babi, ikan, dan daging ayam. rasanya akan kurang enak setelah dimasak.

Ini Cara Mengecek Makanan dalam <i>Freezer</i> Masih Aman Dikonsumsi atau TidakFoto: Istimewa

2. Perubahan Tekstur
Perubahan tekstur merupakan salah satu tanda makanan sudah busuk. Sayuran segar yang dimasukkan ke dalam freezer akan terlihat kusam dan berlendir ketika disimpan terlalu lama. Meski aman untuk dikonsumsi, tetapi sayuran tersebut tentu saja tidak akan enak saat dimasak. Sebisa mungkin buanglah sayur tersebut dan gunakan sayuran yang masih segar.

3. Baunya Aneh
Sebelum memasak makanan yang ada pada freezer, ada baiknya mencium baunya terlebih dahulu. Jika makanan tersebut sudah memiliki bau yang tak sedap, sebaiknya buang dan tidak dimasak.

Mengawetkan makanan dalam freezer harus dilakukan dengan tepat dalam kantong yang rapat. Tidak ada udara yang masuk ke dalam kantong dapat menghindari makanan dari bau yang tidak sedap.

4. Lupa Kapan Membekukan
Seringkali kita lupa kapan suatu bahan makanan kita masukkan ke dalam freezer. Hal tersebut terjadi karena kita lupa memberikan label pada paket makanan yang akan disimpan. Jika Anda lupa kapan makanan itu dimasukkan ke dalam freezer, sebaiknya jangan memakannya kembali atau memasaknya.

Ini Cara Mengecek Makanan dalam <i>Freezer</i> Masih Aman Dikonsumsi atau TidakFoto: Istimewa

5. Terdapat Genangan
Saat kantong makanan terdapat banyak lapisan es di sekelilingnya, kemungkinan besar lapisan es tersebut sudah pernah mencair sebelumnya. Itu berarti, beberapa titik pada bahan makanan mungkin sudah tidak aman untuk dikonsumsi.

6. Kemasannya robek
Jika menemukan kemasan robek pada daging, ikan atau sayuran, ada kemungkinan terjadi kebusukan pada makanan tersebut. Sebelum memasaknya, perhatikan seberapa besar robekan yang terdapat pada kemasan.

Jika kemasan memiliki robekan kecil, kebusukan mungkin dapat hilang ketika mengalami pembakaran. Tapi, jika robekannya cukup banyak, ada baiknnya makanan tersebut dibuang.

Baca juga: Inilah Cara Benar Menyimpan Masakan di Freezer!

Ini Cara Mengecek Makanan dalam <i>Freezer</i> Masih Aman Dikonsumsi atau TidakFoto: Istimewa

Proses pelumeran makanan tentu saja harus di perhatikan untuk memastikan makanan aman untuk di konsumsi.

"Bakteri tumbuh dengan cepat pada kisaran 4- 60 C dan biasa disebut zona bahaya. Apa saja yang tersisa pada suhu ini selama lebih dari dua jam bisa menyebabkan penyakit," ungkap Qassim.

Untuk itu, ada tiga cara melumerkan makanan. Taruh di lemari es atau kulkas, merendam di dalam air dingin, atau panaskan dalam oven microwave dengan pengaturan untuk melumerkan makanan.

Qassim juga mengingatkan, sangat penting untuk memasak makanan segera setelah dilumerkan di microwave, karena metode ini dapat memasak makanan secara parsial dengan meletakkan di zona bahaya. Masaklah segera untuk memastikan tidak ada bakteri yang tumbuh.

Baca juga: Manfaatkan Freezer untuk Menyimpan Makanan Agar Awet Nutrisinya

(adr/odi)