Dengan Rice Cooker Bisa Bikin 5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal atau Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 06 Agu 2017 19:03 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Olahan nasi praktis ini bisa dibikin dengan rice cooker. Masukkan nasi dan bumbu lalu siapkan lauknya. Nasi hangat siap untuk sarapan atau bekal esok pagi.

Rice cooker bukan hanya untuk nasi putih atau merah saja. Nasi gurih, nasi kebuli, nasi kuning juga bisa dimasak dengan rice cooker. Kreasi lauk sesuka selera. Masak nasi dan lauknya malam ini dan esok pagi, nasi hangat dengan lauk sedap, siap untuk disajikan saat sarapan atau bekal.

Mau manfaatkan rice cooker? Ini 5 pilihan olahan nasi detikfood yang bisa Anda pilih.

Baca Juga: Ini Trik Membuat Nasi Pulen dengan Rice Cooker

Punya <l/>Rice Cooker</l>? Ini 5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal atau SarapanFoto: iStock

1. Nasi Liwet Teri Pedas
Punya sedikit teri dan cabe, Anda bisa membuat nasi liwet ini. Air dalam beras diganti dengan cantan encer. Agar praktis gunakan santan instan. Teri tawar digoreng kering kemudian ditumis dengan bumbu pedas dengan cabe rawit merah.

Lauk gurih ini bisa jadi jodohnya nasi pulen gurih. Kalau mau lebih lengkap, tambahkan telur dadar. Resep lengkapnya bisa Anda lihat di sini!

Dengan <l/>Rice Cooker</l>? Bisa Bikin 5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal atau SarapanFoto: Detikfood
2.Korean Mixed Rice
Kalau suka makanan Korea, bikin nasi campur Korea seperti menu restoran. Cukup gunakan rice cooker dan pilih beras yang pulen. Selain praktis juga pedas gurih enak. Bumbu khas Korea bisa digantikan dengan cabe bubuk biasa.

Lauknya bisa telur mata sapi atau telur dadar, iris mentimun atau sawi rebus dan nori panggang. Bahan-bahan dan langkah pembuatannya bisa dillihat di sini!

Dengan <l/>Rice Cooker</l>? Bisa Bikin 5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal atau SarapanFoto: detikFood
3.Nasi Pandan Teri
Kalau suka aroma harum pandan dan citarasa tradisional, nasi pandan bisa jadi pilihan. Tampilan dan rasanya tak kalah dengan buatan resto. Lauknya teri goreng yang dibuat kering dengan cabe dan kacang tanah serta telur dadar.

Bisa ditambahkan abon, kering kentang atau kering tempe jika ada dalam persediaan. nasinya pulen wangi dan rasanya gurih enak. Ikuti langkah-langkah pembuatannya yang mudah di sini!

Dengan <l/>Rice Cooker</l>? Bisa Bikin 5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal atau SarapanFoto: detikFood
4.Nasi Hainan Ayam Wijen
Kalau mau sarapan nasi hainan, malam ini Anda bisa memasak nasi di rice cooker. Lauknya bisa ayam berbumbu wijen, atau ayam goreng biasa atau teriyaki ayam. Pilih beras pulen dan ganti air perebus beras dengan kaldu ayam yang gurih.

Proses nasi seperti biasa. Ayam tumis dengan bumbu wijen bisa jadi pelengkapnya. Lihat langkah pembuatannya melalui resep praktisnya di sini!

Dengan <l/>Rice Cooker</l>? Bisa Bikin 5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal atau SarapanFoto: detikfood

5.Nasi Kuning Sambal Udang
Suka nasi kuning? Nasi kuning juga bisa dibuat dengan rice cooker. Air perebus beras ditambahkan kunyit bubuk. Proses hingga nasi matang seperti biasa. Lauknya sambal udang, udang dengan paduan sambal yang pedas gurih. Bisa diganti dengan ayam goreng, telur dadar, rendang atau empal . Tahapan pembuatannya bisa dilihat di resep ini! https://food.detik.com/readresep/1984/285/nasi/resep-nasi--nasi-kuning-sambal-udang (odi/odi)