Selain Digoreng, Telur Juga Punya 8 Manfaat Menarik Ini (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 27 Jul 2017 12:57 WIB
Foto: Instagram: reynoldsmansion Foto: Instagram: reynoldsmansion
Jakarta - Bukan hanya diceplok atau didadar, Anda bisa memanfaatkan telur jadi banyak hal. Mulai dari kurangi rasa pahit kopi hingga dijadikan masker wajah.

Telur tergolong bahan makanan praktis yang mudah diolah jadi hidangan apapun. Tapi banyak yang belum tahu kalau telur juga punya segudang manfaat lain. Salah satunya menjernihkan rebusan kaldu yang kerap kali berwarna kecokelatan. Simak informasi lengkapnya seperti dikutip dalam Today (25/7).

1. Kurangi rasa pahit kopi
Kopi memang identik dengan rasa pahit. Tetapi kalau Anda mau sedikit mengurangi rasa pahit, gunakan cangkang telur untuk mengatasinya. Cuci bersih cangkang telur lalu hancurkan. Campurkan bersama bubuk kopi sebelum Anda menyeduhnya.

Cara lain adalah dengan menambahkan garam sebelum atau setelah menyeduh kopi. Garam bersifat mengikat sebagian besar pengecap pada lidah yang dapat mendeteksi rasa pahit. Dengan adanya garam ikatan rasa pahit dan papila lidah melemah.

Baca Juga: Kopi Lebih Enak Jika Ditambahkan Sedikit Garam, Ini Alasannya

Selain Digoreng, Telur Juga Punya 8 Manfaat Menarik Ini (1)Kaldu Bisa Dijernihkan dengan Campuran Putih Telur Kocok dan Cangkang Kulit Telur (Foto: iStock)

2. Menjernihkan kaldu
Kaldu bikinan sendiri sering kali kurang jernih. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencampurkan putih telur kocok dengan cangkang kulit telur. Masukkan ke dalam panci berisi kaldu dan didihkan selama 30 menit. Campuran tersebut nantinya akan naik ke permukaan dengan membawa semua protein padat.

Selanjutnya, sendoki gumpalan tersebut. Angkat hingga benar-benar bersih. Kaldu dijamin lebih jernih dan hidangan Anda nantinya lebih cantik.

3. Bikin cured egg yolk
Cara lain untuk menikmati sekaligus mengawetkan kuning telur adalah dengan membuat cured egg yolk. Pada prinsipnya, kuning telur dibaluri campuran gula dan garam lalu didiamkan selama 1-4 hari.

Jika didiamkan 1 hari, tekstur kuning telur masih creamy sehingga cocok dijadikan topping nasi hangat atau pasta creamy. Begitu didiamkan lebih lama, kuning telur semakin keras dan padat sehingga bisa diparut. Parutannya enak ditambahkan ke atas avocado toast, salad atau sayuran kukus.

Selain Digoreng, Telur Juga Punya 8 Manfaat Menarik Ini (1)Cloud Eggs yang Cantik Menggugah Selera (Foto: Instagram: thomas.debrouwer)

4. Buat cloud eggs
Telur bukan hanya enak dijadikan omelet, telur mata sapi, telur rebus, telur dadar atau telur orak-arik saja. Ada kreasi telur terbaru yang sempat viral di media sosial. Namanya Cloud Eggs yang tampilan putih telurnya mirip awan. Untuk membuatnya, putih dan kuning telur diolah terpisah lalu dipanggang di oven. Cocok dijadikan menu sarapan karena rasanya enak dan tampilannya memikat mata.

Baca Juga: Selamat Pagi! Ini 'Cloud Eggs' yang Sedang Jadi Tren Sarapan Netizen
(adr/odi)