Mac and Cheese Bisa Diolah Jadi Burger, Pizza hingga Sandwich

Maya Safira - detikFood Rabu, 26 Jul 2017 14:49 WIB
Halaman 1 dari 7
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mac and Cheese kini tidak cuma terbuat dari campuran keju dan makaroni yang dipanggang. Penyajiannya makin unik. Mulai isian roti hingga burger.

Hidangan makaroni dan keju ini populer di banyak negara Barat. Khususnya Amerika, Kanada dan Inggris.

Tidak diketahui secara pasti asal dari Mac and Cheese. Tapi kemungkinan besar makanan ini pertama dibuat di Eropa Utara. Resepnya sendiri sudah dikenal sejak tahun 1769.

Baca juga: Mac and Cheese, Pasta al Dente Berbalut Keju yang Creamy Gurih

Saat itu, Thomas Jefferson mengunjungi Eropa dan tertarik dengan model pasta di sana. Lalu ia membawa pulang resep dan mesin pembuat pasta ke Amerika.

Ketika menjabat jadi presiden Amerika Serikat, Jefferson menghidangkan mac and cheese dalam makan malam di Gedung Putih tahun 1802. Namun wujudnya agak berbeda dengan yang ada sekarang. Beberapa dekade kemudian, Mary Randolph, sepupu jauh Jefferson, sempat memasukkan resep mac and cheese dalam buku masaknya 'The Virginia House-Wife'.

Revolusi mac and cheese baru dimulai satu abad kemudian. Pada masa depresi sekitar tahun 1937, produk mac and cheese buatan Kraft Dinner yang siap dalam sembilan menit jadi makanan pokok warga Amerika.

Baca juga: Resep Pasta: Macaroni and Cheese

Seiring berkembangnya zaman, mac and cheese ikut mengalami perubahan. Ada yang jadi isian roti maupun kroket. Berikut beberapa kreasi unik mac and cheese kekinian.

(msa/odi)