Kit Kat Produksi 22 Tahun Lalu Ternyata Lebih Rendah Kalori dan Gula

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 25 Jul 2017 17:34 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang pemilik toko menemukan Kit Kat produksi 22 tahun lalu. Ternyata Kit Kat dulu lebih rendah kalori dan gula dibanding Kit Kat produksi sekarang.

Bagai harta karun, Emma Duncan menemukan Kit Kat produksi tahun 1995 di kotak tua berisi peralatan masak miliknya. Nampak Kit Kat masih terbungkus rapih dengan kemasan aluminium foil yang menyertainya.

Tertulis pula 'best before date' wafer cokelat ini pada 1 Oktober 1995. Emma lalu iseng membandingkan Kit Kat produksi tahun 1995 dengan yang sekarang. Ternyata Kit Kat dulu lebih berat 6.5 gram dibanding sekarang.

Kit Kat Produksi 22 Tahun Lalu Ternyata Lebih Rendah Kalori dan GulaFoto: Istimewa

Fakta menarik lainnya, komposisi Kit Kat dulu lebih banyak milk chocolate sementara yang sekarang kebanyakan gula. Meski begitu, ibu satu anak ini tidak mau mencicip Kit Kat keluaran 22 tahun lalu tersebut.

Baca Juga: Yummy! Ada Cake Cokelat Lumer di Dalam Kit Kat Rasa Baru Ini

"Saya yakin akan sakit perut jika memakannya. Saya harus meyakinkan anak laki-laki saya, Caiden, tidak memakannya. Sekarang saya dikenal sebagai Kit Kat lady, yang membuat saya tersenyum," terang Emma.

Usai hadir puluhan tahun, tahun ini Nestle Inggris mengambil keputusan besar karena mengubah resep Kit Kat. Kit Kat baru diklaim lebih sehat karena kalorinya lebih sedikit, gulanya lebih rendah, dan ada penambahan susu serta cocoa.

Dengan resep baru ini, Emma lalu membandingkan komposisi Kit Kat. Ternyata kandungan gulanya bertambah 3,3 gram dalam 2 dekade terakhir. Ukurannya juga 10% lebih kecil.

Kit Kat Produksi 22 Tahun Lalu Ternyata Lebih Rendah Kalori dan GulaFoto: Istimewa

"Telah terjadi penurunan besar dalam hal ukuran cokelat, sementara jumlah karbohidratnya meningkat. Secara keseluruhan hal ini menunjukkan Kit Kat buatan tahun 1995 sebenarnya lebih sehat dibanding keluaran sekarang," ujar ahli gizi Laura Tasker.

Baca Juga: Kit Kat Gagal Dapatkan Merek Dagang untuk Bentuk Ikoniknya

Kit Kat sendiri adalah merek wafer cokelat buatan Rowntree's of York tahun 1935 di Inggris. Tetapi sejak tahun 1935, Kit Kat sudah jadi milik Nestle.

Asal-usul penciptaan Kit Kat begitu unik karena mempertimbangkan saran pegawai Rowntree. Saat itu ia mengusulkan adanya wafer cokelat bentuk batang yang praktis sehingga bisa dibawa ke tempat kerja.

Akhirnya, Kit Kat yang kita kenal sekarang diluncurkan pada 29 Agustus 1935. Merek ini berada dibawah Rowntree's Chocolate Crisp, dan dijual di London dan seluruh selatan Inggris.

(adr/odi)