Sajian Lezat untuk Hari Raya

Ini 4 Sajian Bersantan Khas Palembang yang Cocok Dipadu dengan Ketupat!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 22 Jun 2017 19:17 WIB
Foto: Stories within the suitcase
Jakarta - Walau Palembang punya pempek yang enak, tapi ternyata saat lebaran 4 makanan ini wajib dicoba. Dengan kuah santan, anam hingga laksan enak disantap dengan ketupat!

Anam, celimpungan hingga laksan memiliki warna kuah yang kuning dengan tekstur creamy santan. Warna kuning memiliki simbol yang menunjukkan semangat sebelum beraktivitas sehingga tentu sangat cocok jika ketiga menu ini jadi pelengkap ketupat sekaligus suguhan spesial untuk keluarga.

Ayam masa anam.Ayam masa anam. (Foto: Kuliner Palembang)

1. Ayam masak anam

Pada saat lebaran, anam jadi salah satu yang wajib Anda coba. Anam menjadi salah satu makanan yang selalu ada untuk suguhan lebaran dan sajian ini sudah menjadi tradisi masyarakat Lahat, Palembang. Mirip seperti gulai, ayam bumbu anam ini merupakan potongan daging ayam potong dadu yang dipadukan dengan bumbu khas.

Bumbunya terdiri dari bawang putih halus, bawang merah halus, serai, lengkuas, jahe, temu kunci, kunyit, daun jeruk, kencur, ketumbar, merica, pala bubuk dan cengkeh. Semua bumbu dihaluskan dan ditumis hingga matang dicampur dengan santan dan dimasak hingga berminyak dan matang.

Kuahnya gurih, cocok dipadu dengan ketupat yang mengenyangkan!

Celimpungan khas Palembang.Celimpungan khas Palembang. (Foto: Stories within the suitcase)

2. Celimpungan

Selain anam, celimpungan yang sedap juga tak boleh ketinggalan. Celimpungan dibuat dengan adonan ikan dan sagu yang mirip pempek, akan tetapi dimasak dengan cara direbus bersama dengan santan berbumbu. Bumbu celimpungan terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri hingga kunyit yang dimasak dengan santan.

Bentuk adonan ikan bulat dengan dilengkapi dengan taburan bawang goreng. Sangat enak dinikmati bersama dengan ketupat dan sambal pedas. Mau coba?

Laksan Palembang.Laksan Palembang. (Foto: windyfuntravel)

3. Laksan

Masih terbuat dari bahan dasar pempek, laksan yang mirip dengan lakso ini cocok dinikmati dengan ketupat. Pempek lenjer yang dibuat dengan ikan belida dicampur dengan tepung sagu dengan rasa gurih yang diperkaya santan kental.

Banyak orang Palembang yang menjadikan laksan menu kesukaan mereka. Hal ini tak lain karena nilai gizi yang ditawarkan oleh laksan. Nutrisi daging ikan yang gurih seperti ikan gabus dan tenggiri menyediakan protein, karbohidrat, kalsium, dan zat besi. Laksan bisa jadi alternatif baik untuk para orang tua jika anak-anak yang kurang suka ikan. Cocok jadi sajian lezat yang nikmat dipadu ketupat.

Burgo Palembang.Burgo Palembang. (Foto: Detikfood)

4. Burgo

Selama ini Palembang dikenal dengan pempeknya. Padahal ada olahan makanan lain yang tak kalah enak. Seperti Burgo yang kenyal. Tampilannya sepintas mirip kwetiaw. Dibuat memakai adonan tepung beras dan tepung sagu. Lalu dimasak seperti dadar tipis. Selanjutnya digulung dan diiris kasar. Dipadu dengan kuah santan gurih hangat, burgo sangat enak diberi pelengkap sambal dan kucuran jeruk nipis segar. Mantap! (lus/odi)