Soto Tangkar, Makanan Legendaris Jakarta yang Masih Dicari

Sonia Permata - detikFood Kamis, 22 Jun 2017 14:40 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Soto berisi tangkar atau iga sapi ini berkuah gurih enak. Hingga kini masih banyak dijual di sekitar Jakarta. Makanan legendaris ini tetap manjakan lidah warga ibukota.

Hari ini Jakarta berulangtahun ke-490, ibukota yang dihuni oleh berbagai suku. Betawi, suku Jakarta juga memberi kontribusi pada ragam kuliner Jakarta.

Selain soto betawi, kota Jakarta juga memiliki soto tangkar yang tak kalah lezat. Meski sekilas terlihat hampir sama, soto tangkar menggunakan santan dengan warna kuning kemerahan karena kunyit dan cabai dipakai sebagai bumbu.

Soto Tangkar, Makanan Legendaris Jakarta yang Masih DicariSoto Tangkar yang Sedap dari Jakarta (Foto: detikFood)

Soto tangkar ternyata sudah terkenal sejak dulu. Dibuat oleh masyarakat Betawi pada jaman Belanda. Konon soto ini merupakan soto rakyat untuk kalangan bawah. Karena penggunaan 'tangkar' atau biasa disebut tulang iga dengan sedikit bagian daging sebagai bahan utamanya. Dulu soto ini djajakan dalam pikulan keliling kampung seperti pedagang bakso.

Penggunaan tulang iga ini dikarena pada saat jaman penjajahan dulu ekonomi masih belum stabil, dan banyak orang yang masih tidak mampu untuk membeli daging sapi. Hanya orang-orang kaya pada masanya yang bisa membeli daging sapi, sedangkan rakyat biasa cukup menggunakan potongan tangkar yang dimasak menyerupai soto Betawi. Santan yang dipakai juga tidak sekental soto Betawi, sehingga rasanya jauh lebih ringan dan tidak gurih berlebihan.

Seiring waktu berjalan, soto tangkarpun mengalami perkembangan. Tidak hanya memakai potongan iga, tapi juga ada jeroan seperti babat, iso, kikil, dan lainnya. Soto tangkar memang sudah cukup sulit dijumpai, tapi beberapa rumah makan khas Betawi masih menyajikannya.

Soto Tangkar, Makanan Legendaris Jakarta yang Masih DicariBukan Hanya Daging, Soto Tangkar Bisa Berisi Babat, Iso dan Kikil (Foto: detikFood)

Salah satunya soto tangkar yang cukup legendaris yang selalu ramai pengunjung di jalan Tanah Tinggi III, Jakarta Pusat. Soto Tangkar Bang Samsudin ini menjadi pelopor sekaligus pelestari soto tangkar di Jakarta sejak tahun 1950-an.

Satu porsinya dibandrol dengan harga Rp. 24,000,- sudah termasuk nasi, Anda juga bisa memilih isi soto sesuai selera, mulai dari iso, babat, paru, kikil, tulang muda dan tulang rawan, juga telinga sapi.

Warung soto tangkar ini buka dari setiap hari mulai dari jam 11:00 hingga 19:00. Nah, bagi Anda yang penasaran mencoba, tidak ada salahnya mencoba soto tangkar ini untuk berbuka puasa nanti sekaligus merayakan hari jadi kota Jakarta.

(adr/odi)