Sajian Lezat untuk Hari Raya

Rendang Pakai Daging Impor Lebih Cepat Empuk, Ini Trik Bikinnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Jun 2017 11:51 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Rendang juga bisa dibuat dari daging impor sehingga lebih cepat empuk. Tapi perhatikan tips ini saat membuatnya agar daging tak hancur.

Ditemui dalam acara "Buka Puasa Nusantara" Kedutaan Besar Amerika Serikat beberapa waktu lalu, Chef Herry Adi Nugraha berbagi tips soal mengolah rendang. Ia mengatakan rendang yang selama ini selalu dibuat dengan daging sapi lokal juga bisa dikreasikan dengan daging Amerika (US Beef).

"Rendang itu memang dasarnya enak pakai daging sapi lokal," ujar Chef Adi mengawali informasi. Tapi memasak rendang menggunakan daging impor itu bisa menghadirkan rasa (flavor) lain karena lemaknya lebih wangi.

Rendang Pakai Daging Impor Lebih Cepat Empuk, Ini Trik BikinnyaPenggunaan Daging Impor Memungkinkan Rendang Empuk Lebih Cepat (Foto: iStock)

Baca Juga: Ini Bumbu Rahasia Rendang Minang yang Gurih Pedas dan Harum

Ia melanjutkan, "Dari pakannya, sapi kita (lokal) makan apa aja. Kalo sapi Amerika kan diperlakukan khusus dengan pakannya 100% jagung. Kita lihat jagung menghasilkan cairan wangi seperti susu setelah diperas. Nah, US Beef mendapat lemak yang wangi karena itu."

Jika rendang berbahan sapi lokal dimasak hingga 7-8 jam, Chef Adi menjelaskan rendang US Beef hanya dimasaknya selama 2 jam. "Masak rendang pakai daging impor nggak bisa lama seperti pakai daging lokal. Perlu diakalin masaknya," sambung chef yang pernah menjadi Executive Chef di Bistro Baron ini.

Menurutnya US Beef yang pada dasarnya sudah empuk tak perlu waktu lama untuk matang. Ia menuturkan, "Caranya, pertama masak daging bersama bumbu rendang. Jika daging sudah matang, sisihkan dulu. Selanjutnya, masak bumbunya saja hingga hitam seperti bumbu rendang yang semestinya. Setelah bumbu sudah hitam, masukkan lagi dagingnya."

Rendang Pakai Daging Impor Lebih Cepat Empuk, Ini Trik BikinnyaProses Pengadukan Rendang Berbahan Daging Impor Harus Lebih Berhati-hati (Foto: Detikfood)

Baca Juga: Rahasia Kelezatan Rendang Terletak pada Santannya

"Selanjutnya inapkan daging bersama bumbu. Proses ini nggak dimasak ya, daging hanya diungkep saja sama bumbu agar meresap. Baru besoknya diangetin lagi kalau mau bumbu lebih meresap. Gunakan api kecil (simmer) dalam mengolahnya," lanjut Chef Adi.

Baginya teknik pengadukan juga berpedan penting. "Triknya adalah aduk daging perlahan. Kalau terlalu keras nanti daging bisa hancur terlebih jika teksturnya sudah rapuh karena terlalu lama dimasak. Pengadukan ini juga bertujuan mencegah bagian bawahnya gosong karena bumbu yang terkaramelisasi," pungkas Chef Adi.

(adr/odi)