Mudik Nanti Malam? Jangan Lupa Bawa 7 Bekal Enak Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 22 Jun 2017 09:31 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Sudah siap untuk mudik nanti malam? Yuk, buat dulu aneka bekal makanan enak untuk perjalanan mudik Anda. Ada kroket, mie, ayam goreng hingga camilan pisang yang nikmat.

Melakukan perjalanan jauh perlu menyiapkan stamina yang cukup. Agar keluarga bisa tetap menikmati makanan enak selama di perjalanan, Anda bisa membuatkan beberapa makanan berat dan camilan ini.

Kemas dalam kotak makanan atau rantang, agar lebih praktis. Jangan lupa juga siapkan peralatan makanan, yuk bikin!

Baca juga: Si Kecil Ikut Mudik, Ini 6 Bekal yang Wajib Dibawa!.

1. Kroket nasi

Bekal mudik kroket nasi.Bekal mudik kroket nasi. (Foto: detikfood)

Agar lebih praktis, nasi bisa diolah menjadi kroket yang enak saat mudik. Untuk membuatnya juga tak perlu repot, cukup siapkan nasi, mentega, aneka cincangan sayuran, daging ayam dan susu cair untuk membuat kroket. Agar si kecil juga suka, bisa ditambahkan dengan sedikit keju mozarella yang leleh.

Sediakan saus tomat atau saus sambal untuk teman makan kroket ini. Kalau tertarik membuat bekal ini, Anda bisa lihat resepnya di sini.

2. Oseng mie rawit

Mie oseng rawit untuk bekal mudik praktis.Mie oseng rawit untuk bekal mudik praktis. (Foto: iStock)

Tak punya waktu banyak untuk meracik bekal mudik, coba saja menu yang satu ini. MIe goreng dengan sensasi rasa pedas dan gurih ditambah dengan potongan bakso dan cabai rawit tentu bisa menambah energi saat perjalanan mudik. Apalagi jika Anda berangkat nanti malam, tentu bekal yang satu ini bisa jadi hidangan sahur dan bisa disantap dengan mudah di mobil.

Mau membuatnya? Anda bisa lihat resep lengkapnya di sini.

3. Sampol ayam

Sampol ayam, camilan mudik.Sampol ayam, camilan mudik. (Foto: detikfood)

Selain ayam goreng, Anda juga bisa membuat sajian ayam dengan balutan tepung panir yang renyah. Adonannya mirip bakso tetapi dibuat dengan cincangan daging ayam, telur ayam, tepung terigu dan dilapisi dengan tepung panir kasar. Ditusuk dengan tusukan sate, tentu bisa dimakan makan saja dan lebih praktis.

Sampol ayam yang gurih bisa dinikmati sebagai camilan. Yuk, lihat resep lengkapnya di sini.

4. Spaghetti aglio olio

Aglio olio bisa jadi bekal mudik.Aglio olio bisa jadi bekal mudik. (Foto: iStock)

Pasta yang dibumbui dengan minyak zaitun dan bawang ini punya rasa yang enak. Proses pembuatannya sangatlah praktis dan semakin enak ditambah dengan aneka pelengkap seperti sosis, smokes beef atau jamur dan daging ayam. Tidak seperti spaghetti carbonara yang creamy, aglio olio punya rasa yang lebih gurih tanpa penambahan susu sehingga bisa lebih awet jika dibawa sebagai bekal.

Lihat di sini untuk lihat cara pembuatan secara lengkap!

Baca juga: Saat Mudik, Lebih Baik Ngemil Mie Instan Cup atau Buah?.

5. Nasi liwet teri pedas

Nasi liwet enak untuk bekal mudik komplet.Nasi liwet enak untuk bekal mudik komplet. (Foto: detikfood)

Kalau mau bawa sajian nasi lengkap dengan lauk, Anda bisa memilih menu yang satu ini. Nasi liwet yang gurih bisa jadi bekal makan malam ataupun untuk sahur. Apalagi ditambah dengan teri berbumbu pedas yang bisa disimpan untuk bekal keesokan harinya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Lihat saja resepnya di sini.

6. Nugget pisang

Nugget pisang.Nugget pisang. (Foto: detikfood)

Kalau camilan yang satu ini pasti semua anggota keluarga menyukainya. Pisang tanduk atau kepok yang dipotong dua di celupkan ke dalam adonan tepung kemudian diberi tepung panir. Digoreng hingga kecokelatan menghasilkan tekstur garing dan lembut di dalam.

Rasanya manis, enak dinikmati besama dengan topping saus cokelat ataupun strawberry. Mau membuat camilan nugget pisang? Lihat resepnya di sini.

7. Siomay sayuran goreng

Siomay goreng untuk bekal.Siomay goreng untuk bekal. (Foto: detikfood)

Mau camilan yang gurih renyah? Yuk, coba meracik siomay dengan kulit siomay yang rneyah dibagian luarnya. Siomaynya dibuat dari campuran daging ayam cincang hingga sayuran, sehingga rasanya gurih enak dan cocok dinikmati bersama dengan cocolan saus pedas.

Yuk, buat saja di rumah dengan lihat resep lengkapnya di sini.


(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com