Unggah Foto Makanan di Instagram Bisa Membuat Orang Makan Lebih Sehat

Sonia Permata - detikFood Minggu, 30 Apr 2017 11:42 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Suka posting foto makanan di Instagram? Studi baru menyebut hal tersebut bisa membantu orang makan lebih sehat.

Pengguna Instagram mungkin telah menemukan trik baru untuk mempertahankan pola makan sehat mereka. Sebuah studi dipresentasikan pada 2017 Conference on Human Factors in Computing Systems. Studi ini menunjukan bahwa memotret makanan sebelum makan dapat membuat orang makan lebih sehat.

Menurut News Week (27/04/17), para peneliti di University of Washington mempelajari karakter pengguna Instagram yang mengubah platform media sosial menjadi buku harian makanan visual yang dipublikasikan secara luas.

Unggah Foto Makanan di Instagram Bisa Membuat Orang Makan Lebih SehatFoto: Getty Images
Instagram sendiri merupakan salah satu platform media sosial yang mengedepankan fitur visual untuk berbagi foto mereka secara luas.

Studi kecil ini didasarkan pada wawancara dengan 16 orang yang secara konsisten memotret makanan mereka dan mengunggahnya di Instagram menggunakan tagar #fooddiary dan #foodjournal.

Banyak orang yang ingin tetap mengikuti pola makan atau diet tertentu akan memilih untuk mendokumentasikan makanan dengan menuliskannya ke dalam buku makanan harian atau food journal. Tapi hal ini bisa membosankan.

Unggah Foto Makanan di Instagram Bisa Membuat Orang Makan Lebih SehatFoto: Getty Images
Selain itu pada food journal ini cenderung membuat beberapa orang tidak mencatat makanan berkalori tinggi yang mereka makan. Sementara jika orang mengunggah makanan mereka di media sosial seperti Instagram, orang cenderung lebih jujur, karena visual makanan yang mereka unggah dan memberikan efek positif pada orang-orang yang melihatnya.

Catatan visual di Instagram ini juga membantu seseorang menjadi lebih sadar akan kebiasaan makan mereka.

Unggah Foto Makanan di Instagram Bisa Membuat Orang Makan Lebih SehatFoto: Getty Images
"Bila Anda sering mengunggah makanan berkalori tinggi di Instagram seperti donat, pizza, atau kentang goreng, Anda mungkin akan lebih sadar dengan pola makan," ungkap Sean Munson, salah satu penulis dalam studi ini, dan selaku asisten profesor di Human Centered Design and Engineering di University of Washington. (lus/odi)