Cerita Nikmat Donat

Spudnut Alias Donat Kentang Ternyata Sudah Ada Sejak Abad 19

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 21 Feb 2017 14:49 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Suka donat kentang? Tambahan kentang halus bikin tekstur donat jadi lembut. Apalagi jika ditambah aneka olesan.

Donat kentang atau biasa disebut dengan Spudnut adalah donat manis yang terbuat dari campurkan kentang tumbuk ataupun tepung kentang. Donat jenis ini ternyata sudah diperkenalkan sejak pertengahan tahun 1900-an dan resepnya mulai diterbitkan sekitar tahun 1938.

Spudnut Alias Donat Kentang Ternyata Sudah Ada Sejak Abad 19Foto: iStock
Donat kentang punya tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis donat lainnya. Menilik dari sejarahnya, donat kentang pertama kali dibuat di Amerika Serikat pada tahun 1950. Kemudian menyebar ke seluruh Amerika di 500 lokasi sebelum akhirnya menipis menjadi sekitar 50 di pertengahan tahun 2000-an.

Dalam resepnya, tidak semua adonan dibuat dengan 100 persen kentang. Beberapa ada yang mencampurkannya dengan tepung kentang ataupun 50 persen ditambahkan dengan tepung terigu protein tinggi.

Spudnut Alias Donat Kentang Ternyata Sudah Ada Sejak Abad 19Foto: iStock
Donat kentang klasik yang umum dibuat biasanya diolah dengan campuran bahan seperti kentang kukus tumbuk, tepung terigu protein tinggi, ragi, telur, margarin hingga susu bubuk.

Adonan tersebut dibiarkan hingga mengembang dan dicetak. Adonan donat digoreng dengan minyak yang panas hingga kecokelatan. Tidak hanya dihias dengan frosting, donat juga dibalut gula halus.

Selain kentang, donat juga bisa diganti dengan umbi-umbian lain seperti ubi ungu. Kalau tertarik membuat donat di rumah, Anda bisa lihat resepnya di sini. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com