Sajian Lezat Imlek

Ini Langkah-langkah dan Doa Saat Menyantap Ye Shang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 24 Jan 2017 15:46 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
Jakarta - Ye shang atau yu sheng jadi santapan pembuka saat makan bersama. Untuk menyantapnya ada langkah-langkah yang harus diikuti.

Yusheng atau yee shang adalah salad kombinasi ikan mentah dan sayuran yang umum jadi sajian Imlek. Kata 'Yu' dalam bahasa China berarti ikan dan 'Sheng' berarti mentah.

Bahan utama yusheng antara lain ikan, air perasan jeruk lemon, plum sauce, lada, five spice powder, pok choi cracker, dan sayuran.

Pemilihan ikan bukan tanpa alasan karena hewan air ini melambangkan rezeki melimpah dan hidup baru. Biasanya jenis ikan yang dipakai adalah salmon atau tuna.

Isian yusheng makin meriah karena diberi tambahan aneka bahan termasuk sayuran. Jumlahnya bisa mencapai 17 jenis seperti irisan wortel, lobak, daun bawang, jahe merah, kulit pangsit, talas, dan bengkoang.

Ada juga manisan seperi kulit jeruk, daun ketumbar, dan jamur enoki yang diberi pewarna makanan cantik. Seluruh bahan penyusun yusheng lalu diletakkan di piring dengan susunan melingkar di atas meja.

Ini Langkah-langkah dan Doa Saat Menyantap Ye ShangFoto: iStock

Ucapan "Gong Xi Fa Cai" yang artinya selamat atas kekayaan Anda dan "Wan Shi Ru Yi" yang berarti semua keinginan akan terpenuhi biasanya diucapkan sebelum menyantap yusheng.

Disusul ucapan "Da Ji Da Li" saat memeraskan jeruk di atas ikan yang memiliki makna semoga keluarga selalu diberi kebersamaan dan ketentraman.

Selanjutnya ikan diletakkan di atas wortel sambil mengucapkan "Nian Nian You Yu." Ini adalah doa agar sepanjang tahun mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

Saat menuangkan bumbu pada ikan, ucapkan "Zhao Cai Jin Bao" agar doa harapan menarik lebih banyak uang dan harta terpanjatkan.

Setelah itu tuangi saus dan minyak dengan gerakan memutar sambil menyebut "Yi Ben Wan Li." Ucapan ini melambangkan doa agar keuntungan meningkat 10.000 kali dan mendorong uang mengalir masuk dari segala arah.

Ini Langkah-langkah dan Doa Saat Menyantap Ye ShangFoto: iStock

Tahapan berikutnya, tambahkan bubuk kacang tanah sambil mengucapkan "Jin Yin Man Wu" agar rumah senantiasa dipenuhi emas dan perak. Jangan lupa taburi wijen sambil berkata "Sheng Yi Xing Long" untuk mendapatkan keberuntungan dalam usaha.

Lalyy ambahkan pok chui crackers dengan ucapan iringan "Man Di Huang Jin" yang bermakna lantai penuh dengan emas.

Terakhir, bagian paling dinanti dari menikmati yusheng adalah mengaduk bersama-sama. Semua yang ada di meja makan harus berbarengan mencampur yusheng dengan bantuan sumpit.

Yusheng lalu diangkat setinggi mungkin sambil mengucapkan "Lo Hey Lo Hey Lo Kow Fong Sang Sue Hey." Semakin tinggi yusheng diangkat diharapkan semakin tinggi pula rezeki dan kemakmuran yang dicapai tahun depan.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com