ADVERTISEMENT

Vegemite Selai Paling Dibenci di Dunia, Kembali Jadi Milik Australia

Sonia Permata Basoni - detikFood
Senin, 23 Jan 2017 06:25 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Vegemite menjadi pengoles roti sarapan hampir tiap orang Australia. Kini selai ini resmi menjadi ikon makanan Australia lagi.

Ada beberapa makanan yang begitu dicinta sekaligus dibenci banyak orang. Jika Indonesia, memiliki durian sebagai makanan yang paling dibenci sekaligus dicinta, Australia memiliki Vegemite.
Vegemite Selai Paling Dibenci di Dunia, Kembali Jadi Milik AustraliaFoto: Getty Images

Vegemite mrupakan pasta atau selai untuk olesan roti yang berwarna coklat tua, nyaris hitam. Terbuat dari ekstrak yeast, atau sisa pembuatan bir. Sekilas Vegemite ini terlihat seperti selai Nutella dan teksturnya seperti selai kacang, agak padat. Rasanya sangat asin dan agak pahit dengan aroma tajam.

Selai ini sangat dicintai di Australia dan New Zealand, bahkan menjadi ikon nasional negara Australia. Namun, orang di luar Australia justru menganggap selai ini sangat tidak enak dengan bau menyengat.

Sempat dibeli hak ciptanya oleh perusahaan dari negara lain, kini vegemite kembali ke negara asalnya, Australia. Seperti yang dilaporkan oleh grubstreet (19/01/17) vegemite sudah diproduksi sejak tahun 1923. Hak paten selai ini dibeli oleh Mondolez, salah satu perusahaan berbasis industri makanan kelas atas yang berbasis di Illinois, Amerika.
Vegemite Selai Paling Dibenci di Dunia, Kembali Jadi Milik AustraliaFoto: Getty Images

Kini, hak cipta Vegemite telah dibeli kembali oleh Bega Cheese sebuah perusahaan Australia yang fokus pada produksi keju cheedar dan keju kalengan. Vegemite dibeli kembali dengan harga $345 juta dollar atau setara dengan Rp. 46,5 triliun rupiah.

"Ini merupakan kesempatan yang langka. Vegemite jarang berpindah kepemilikan," ujar direktur utama Bega Cheese, Barry Irvin. Irvin juga menegaskan bahwa akuisisi ini menambah diversifikasi produk untuk Bega Cheese.

Sebagaimana diketahui sebelumnya Bega Cheese memiliki hak untuk menjual produk Kraft's yang berbaban keju, termasuk selai kacang. Vegemite bukan satu-satunya hak cipta yang dibeli kepemilikannya, Bega Cheese juga membeli kepemilikan atas produk yang sangat dipertanyakan karena mengandung minuman sapi, yaitu "Bonox Beef Drink." (odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT