Serangga Jadi Santapan Populer, Kini Ada Cocktail dari Semut

Annisa Trimirasti - detikFood Minggu, 22 Jan 2017 07:52 WIB
Foto: Mashable
Jakarta - Sebagai sumber protein baru serangga makin disukai. Setelah Australia, Swiss, dan China, kini giliran Singapura punya sajian serangga.

Makanan dari serangga sudah mulai menarik perhatian di berbagai belahan dunia mulai dari Australia hingga China. Bahkan supermarket di Swiss sajikan bakso serangga. Kini Singapura mulai mengikuti tren tersebut dengan sajian menarik terbuat dari semut.
Serangga Jadi Santapan Populer, Kini Ada Cocktail dari SemutFoto: Mashable

Dikabarkan oleh Mashable (20/1/17), sebuah bar di Singapura, Native, menyajikan cocktail semut 'Antz Cocktail' ($16 atau Rp. 214.000). Cocktail ini renyah dan tentunya penuh nutrisi.

Minuman beralkohol ini dibuat dengan campuran yogurt, rum, dan semut. Lebih menakjubkan, topping minuman ini adalah daun basil, dan nitrogen cair yang bekukan berupa dadu putih kecil ditambah semut hitam Thailand.
Serangga Jadi Santapan Populer, Kini Ada Cocktail dari SemutFoto: Mashable

Pemilik bar, Vijay Mudaliar mengatakan bahwa ia harus mengimpor semut Thailand karena semut Singapura mengandung asam askorbat, Vitamin C, membuatnya akan terasa asam. Sebenarnya cocok dengan yogurt dan rum, namun Mudaliar butuh sesuatu yang lebih renyah untuk topping, seperti semut Thailand.

Unutk menikmati minuman ini, pertama Anda kunyah dulu topping dengan semut renyah dan daun tersebut, baru kemudian menyeruput cocktail. Mudaliar juga menambahkan, "Kadang, kaki semut atau bagian lainnya terselip di gigi." Tetap menarik dicoba buat pencinta cocktail (ani/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com