Sajian Lezat Imlek

Begini Cara Mengolah dan Menyantap Bebek Peking

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 17 Jan 2017 14:34 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek
Jakarta - Mengolah maupun menikmati bebek Peking ada tata caranya. Mulai dari memanggang dengan suhu tepat dan menaruh bebek di lembaran pancake sebelum menikmatinya.

Bebek Peking merupakan sajian bebek panggang populer dari China. Dibuat ratusan tahun silam di Bejiing, bebek Peking dulunya khusus dibuat koki istana untuk persembahan kaisar.

Ciri khas bebek Peking adalah kulitnya garing berwarna kecokelatan. Ukurannya juga relatif besar dengan berat per ekor bebek bisa mencapai 3 kilogram.

Begini Cara Mengolah dan Menyantap Bebek PekingFoto: iStock
Pengolahan bebek Peking terbilang rumit karena bebek perlu melewati serangkaian proses. Mulai dari disembelih, dicabuti bulunya, dikeluarkan isi perutnya, lalu dicuci.

Selanjutnya tubuh bebek dipompa dengan udara untuk memisahkan kulit dari lemaknya. Proses inilah yang membuat kulit bebek renyah saat dipanggang.

Kemudian kulit bebek disiram air mendidih dan air maltosa sehingga warnanya cokelat mengilat. Bebek lalu digantung hingga kering, bisa mencapai 1 hari.

Setelah digantung, bebek dipanggang di dalam oven bersuhu 240-290 C selama sekitar 40 menit. Saat dipanggang, bebek diayunkan satu per satu mendekati sumber api. Tujuannya memberi kerenyahan esktra pada kulit bebek.

Begini Cara Mengolah dan Menyantap Bebek PekingFoto: iStock

Untuk penyajiannya, daging dan kulit bebek Peking diiris rapih oleh sang chef. Mengirisnya perlu teknik khusus agar daging maupun kulitnya tak robek.

Di restoran, bebek Peking disajikan dengan lembaran pancake tipis, saus Hoisin, potongan mentimun, dan potongan daun bawang atau leek sebagai pelengkap. Adalah Jia Restaurant di Shangri-La Hotel Jakarta yang jadi salah satu restoran penyedia bebek Peking.

Then Boon Heng selaku BBQ Chef Jia Restaurant menunjukkan cara menikmati bebek Peking. Pertama, ambil lembaran pancake tipis lalu olesi saus hoisin.

"Lembaran pancake ini namanya momo skin. Dibuat dari tepung Hong Kong, tepung China, dan bahan lainnya," ujar Chef Then kepada detikFood (13/1). Setelah itu, ambil irisan daging dan kulit bebek.

Begini Cara Mengolah dan Menyantap Bebek PekingFoto: iStock

Chef Then menambahkan, "Celupkan irisan daging dan kulit ini ke dalam saus hoisin dengan sumpit. Lalu taruh di atas lembaran pancake. Ratakan saus hoisin yang menyertainya di lembaran pancake. Tambahkan mentimun dan daun leek sebagai pelengkap. Kemudian gulung pancake dan bebek Peking siap disantap."

Menurutnya, pancake berisi daging dan kulit bebek ini paling enak dimakan langsung dengan tangan. Ada paduan cita rasa gurih manis dari saus hoisin yang menyertai potongan bebek empuk. Nyaamm!

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Imlek