'False Memory Diet' , Trik Memori untuk Kurangi Kecanduan Makanan Favorit

Sonia Permata - detikFood Selasa, 10 Jan 2017 13:53 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Sulit menurunkan berat badan karena tidak bisa menghindari makanan favorit? Coba trik 'false memory diet' ini untuk mengatasinya.

Bagi sebagian orang menurunkan berat badan bukanlah perkara yang mudah. Tak bisa menghindari makanan kesukaan sering jadi penghambatnya.

Sulit rasanya, menghindari makanan kesukaan apalagi jika makanan itu berada di depan mata, untuk mengatasinya anda bisa mencoba trik "false memory diet".

'False Memory Diet' , Trik Memori untuk Kurangi Kecanduan Makanan FavoritFoto: GettyImages
Seperti yang dijelaskan oleh situs indiatimes (08/01/17), Anda bisa menghindari makanan kesukaan dengan cara membenci makanan tersebut. Walau terdengar aneh, nyatanya baru-baru ini ditemukan trik "false memory diet" atau diet memori palsu. Trik ini berkerja dengan permainan memori pada seseorang.

Penemuan ini dipelopori oleh Elizabeth Lotus, dan rekannya Daniel Bernstein. Mereka melakukan permainan memori dengan beberapa langkah untuk menciptakan keengganan seseorang mencoba jenis makanan tertentu.

Penelitian dilakukan dengan cara orang-orang diminta mengisi pertanyaan tentang makanan favorit mereka. Seminggu kemudian, mereka diberitahu bahwa jawaban mereka telah dimasukkan ke dalam sistem komputer yang menjalankan analisis kompleks tentang preferensi makanan mereka. Bisa mengidentifikasi pengalaman mereka dengan makanan ketika masih kecil.

'False Memory Diet' , Trik Memori untuk Kurangi Kecanduan Makanan FavoritFoto: GettyImages
Lalu mereka diberi penjelasan tentang pengalaman buruk mereka ketika masih kecil dengan makanan tertentu. Hal ini hanya rekayasa semata. Tidak ada sistem komputer, dan tidak ada pengalaman buruk pada makanan tertentu yang teridentifikasi.

Meskipun demikian, sebagian besar peserta menunjukkan bahwa mereka percaya dengan rekayasa ini. Mereka mampu membayangkan pengalaman buruk dengan jenis makanan yang diceritakan walaupun makanan tersebut adalah makanan favorit mereka.

Ketika diberi kuesioner tentang makanan lainnya, hasilnya beberapa orang jadi kurang menyukai jenis makanan dulu mereka sukai sebelum mengikuti tes ini. Bahkan mereka memakan lebih sedikit makanan favorit mereka yang dihidangkan.

'False Memory Diet' , Trik Memori untuk Kurangi Kecanduan Makanan FavoritFoto: GettyImages
Teknik permainan pikiran ini juga dapat digunakan untuk membuat orang konsumsi makanan sehat. Misalnya, Anda bisa membuat anak-anak Anda mengonsumsi sayuran hijau dengan menanamkan memori palsu tentang makanan favorit mereka.

Selama penelitian orang-orang yang ditanamkan memori palsu tentang makanan sehat, mengaku menjadi lebih menyukai makanan sehat dan rela membayar lebih untuk makanan sehat.

Dengan trik memori palsu ini, tidak hanya membuat berat badan turun tapi juga membuat tubuh lebih sehat. (ani/odi)