Tren Baking dan Cooking 2017

Tahun Ini Simple Decoration dan Mirror Glazing Akan Makin Populer

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 05 Jan 2017 14:18 WIB
Foto: iStock/Kim Pangestu Instagram
Jakarta - Tren rainbow dan buttercream masih dominan tahun lalu. Bagaimana prediksi tren hiasan cake di tahun ini?

Di tahun 2016, cake muncul dengan beberapa variasi penyajian. Mulai dari decontructed cake dengan susunan terpisah serta flower buttercream cake yang cantik.

Khusus untuk di tahun ini, beberapa chef pastry asal Indonesia meramalkan bahwa baked product seperti croissant dan danish akan lebih digemari. Selain itu, kue bergaya rustic juga akan makin populer.

Tahun Ini <i>Simple Decoration</i> dan <i>Mirror Glazing</i> Akan Makin PopulerFoto: iStock/Kim Pangestu Instagram
Tahun ini tiga pakar pastry memberikan pendapatnya soal tren mengenai hiasan cake. Darryl Iswaratioso, Exevutive Pastry Chef Cacaote mengatakan bahwa mirror glazing cake yang saat ini sedang sangat populer di Eropa, Australia dan Amerika akan populer di tahun ini.

Sependapat dengan Derryl, Angelita Wijaya, Pastry Chef sekaligus pemilik Angelita Patisserie juga mengatakan bahwa di tahun 2017 mirror glazing untuk cake akan tetap populer, tetapi dengan inovasi terbaru seperti ie metalic shiny glaze.

"Simple cake dengan teknik dripping finishing dan full of sinful topping akan semakin populer di tahun ini. Kue-kue dengan melted liquid atau lava kemungkinan juga akan semakin digemari," jelas Angelita.

Tahun Ini <i>Simple Decoration</i> dan <i>Mirror Glazing</i> Akan Makin PopulerFoto: Kim Pangestu
Sedangkan menurut Kim Pangestu, Pastry Chef di Nomz mengatakan bahwa prediksi pastry lebih banyak menggunakan finishing yang menggunakan skill piping. Sehingga kesannya sederhana tapi tetap elegant.

Chef Kim mencontohkan croquembouche yang sebenarnya sudah populer di tahun 2016. "Tapi sejak saya membuat pastry ini di akhir tahun, permintaan sangat meningkat. Croquembouche dengan hiasan bunga banyak dipesan," jelas Kim.

Tahun Ini <i>Simple Decoration</i> dan <i>Mirror Glazing</i> Akan Makin PopulerFoto: iStock/Kim Pangestu Instagram
Croquembuche ini merupakan French wedding cake yang sangat populer di Prancis. Terdiri dari 50,100 hingga 200 buah croquembuche.

"Untuk menempelkannya biasanya digunakan sugar caramel. Tapi karena di Jakarta sangat lembab saya memodifikasinya dengan cokelat," pungkas chef Kim. (lus/odi)