Menurut Ahli Gizi Pola Makan Vegan Bisa Diterapkan untuk Anak-anak

Annisa Trimirasti - detikFood
Senin, 05 Des 2016 14:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pola makan hanya berdasarkan sumber nutrisi dari tumbuh-tumbuah sedang digemari. Pola makan in juga bisa diterapkan pada anak.

Veganisme punya kesan ekstrim bagi siapapun yang melakukannya, terutama bagi orangtua yang mengajarkan gaya hidup vegan pada anaknya. Banyak kasus anak vegan kekurangan gizi dan orangtua ditangkap karena memaksa anaknya menjalani diet vegan.

Namun kini Academy of Nutrition and Dietetics di Inggris berpendapat bahwa diet vegan aman untuk anak wanita hamil asal sesuai gizi seimbang.Menurut mereka diet vegan terencana, yang sehat, cukup gizi, dapat menyediakan banyak manfaat sehat dan mencegah beragam penyakit.

Menurut Ahli Gizi Pola Makan Vegan Bisa Diterapkan untuk Anak-anakFoto: iStock
Pola makan ini juga disebut cocok untuk semua tahap hidup termasuk saat hamil, menyusui, untuk bayi, anak, remaja, orangtua juga atlet. Namun diperlukan sumber vitamin yang dapat diandalkan dan didapatkan dari suplemen.

Pola makan vegan disebut sehat karena mereka makan lebih sedikit lemak jenuh dan mengonsumssi lebih banyak sayuran, buah, biji juga kacang-kacangan berserat dibanding omnivora atau penyantap semua jenis makanan.Karena berbasis tanaman maka dapat menurunkan tingkat kolesterol juga membuat badan lebih baik mengatur glukosa. Kedua hal tersebut berkontribusi pada penurunan risiko penyakit kronis.

"Diet bergizi seimbang berarti diet yang berisi makanan bertepung seperti nasi dan kentang dengan buah juga sayuran, produk susu dan makanan kaya protein seperti kacang, daging, ikan dan telur." ujar Bridget Benelam, peneliti nutrisi dari British Nutrition Foundation metro.co.uk (2/12/16).

Menurut Ahli Gizi Pola Makan Vegan Bisa Diterapkan untuk Anak-anakFoto: iStock
Untuk pola makan vegan bagi ana, semua nutrisi tersebut harus ada. Dan memang harus digunakan alternatif susu dan dan pilihan makanan berprotein lebih sedikit. Hal ini merupakan tantangan.

The Vegan Society memberi saran beberapa sumber makanan yang dapat digunakan. Seperti zat besi dan zinc bisa didapat dari biji dan kacang-kacangan. Kalsium dari kale, vitamin B12 dari susu berbasis tumbuhan dan sereal. Juga Vitamin D dari susu kedelai dan jus jeruk.

Menurut Ahli Gizi Pola Makan Vegan Bisa Diterapkan untuk Anak-anakFoto: iStock
Namun, masih saja ada yang berpendapat bahwa porsi diet vegan besar dan anak akan kenyang sebelum mendapat kalori cukup karena kapasitas perut yang kecil.

Lebih lanjut, Benelam menyarankan untuk orangtua yang akan menyusui bayi dan ingin mengajarkan diet vegan pada anak agar berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar anak juga bayi mendapat nutrisi dan energi yang tepat. (ani/odi)