Gurihnya Kuah Santan

Gulai Masin, Olahan Ikan dengan Racikan Bumbu Khas Minang yang Lengkap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 18 Nov 2016 16:10 WIB
Foto: detikFood/iStock Foto: detikFood/iStock
FOKUS BERITA Gurihnya Kuah Santan
Jakarta - Masyarakat Minang mengenal gulai masin yang sedap. Gulai kekuningan ini berisi potongan daging ikan tongkol, tenggiri, atau ikan mas.

Minang mengenal aneka jenis masakan berbahan santan termasuk gulai masin. Gulai ini dibuat dari santan dan bumbu kuning. Isiannya berupa potongan daging ikan seperti tongkol, tenggiri, mas, hingga nila.

Tak seperti gulai merah yang pedas, gulai masin terasa lebih gurih dan agak manis. Berpadu enak dengan daging ikan yang lembut.

Gulai Masin, Olahan Ikan dengan Racikan Bumbu Khas Minang yang LengkapFoto: detikFood/iStock

Bumbu gulai masin diantaranya serai, cabai, daun salam, dan daun jeruk. Sementara bumbu halusnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe. Semakin enak karena ada sentuhan asam segar dari pemakaian belimbing wuluh atau asam sunti.

Daun ruku-ruku biasanya turut ditambahkan sehingga aroma gulai masin makin sedap. Untuk membuatnya, pertama-tama, ikan untuk gulai masin perlu dibersihkan.

Ikan lalu dipotong-potong, dilumuri jeruk nipis dan garam. Kemudian didiamkan sekitar 15 menit agar bau anyirnya ilang.

Gulai Masin, Olahan Ikan dengan Racikan Bumbu Khas Minang yang LengkapFoto: detikFood/iStock

Sementara itu, santan dimasak dengan bumbu halus dan daun-daunan sambil diaduk terus agar santan tak pecah. Usai mendidih, daging ikan dimasukkan dengan disusul belimbing wuluh dan daun ruku-ruku. Masak terus hingga ikan matang.

Nah, kalau mau membuat gulai masin bisa mengintip resep detikFood berikut. Atau menikmatinya di beberapa tempat ini.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Gurihnya Kuah Santan