Makan Keju Ternyata Bisa Bikin Ketagihan Seperti Konsumsi Heroin

Sonia Permata - detikFood Selasa, 15 Nov 2016 15:00 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Menurut sebuah studi dari University of Michigan, keju bisa bikin ketagihan. Efeknya di otak sama dengan heroin.

Buat penggemar keju, mungkin sering terbayang lelehan keju di atas makanan atau camilan.Rupanya hal tersebut normal. Karena menurut sebuah studi dari University of Michigan, makanan lezat seperti keju dapat memiliki unsur adiktif yang menyebabkan orang menjadi ketagihan pada keju seperti yang dikutip dari delish.com.

Peneliti menggunakan 500 orang peserta sebagai obyek untuk dua studi yang terpisah. Dalam sebuah penelitian, peserta menyelesaikan Yale Food Addiction Scale. Sebuah kuesioner yang dirancang untuk mengukur apakah seseorang kecanduan makanan.
Makan Keju Ternyata Bisa Bikin Ketagihan Seperti Konsumsi HeroinFoto: GettyImages
Pertanyaannya pun berkisar seputar kebiasaan makan. Lalu, peserta menunjukkan makanan mana yang menurut mereka paling adiktif dari 35 jenis makanan yang berada di daftar. Kemudian diurutkan dari makanan yang paling memiliki efek adiktif hingga yang tidak.

Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal PLos ONE, kemungkinan besar tidak akan mengejutkan. Pizza menempati peringkat utama dalam daftar makanan yang paling adiktif, diikuti topping cokelat, keripik, kue, serta burger keju dan keju biasa juga dinilai sebagai sangat adiktif.

Akan tetapi mengapa pizza bisa begitu digemari? Alasannya karena pertama pizza adalah makanan olahan, dan yang kedua pizza memiliki topping keju yang mengandung banyak lemak.
Makan Keju Ternyata Bisa Bikin Ketagihan Seperti Konsumsi HeroinFoto: GettyImages
Peneliti memperkirakan bahwa semakin tinggi kandungan lemak dalam sebuah makanan, maka akan semakin adiktif pula makanan tersebut. Terlepas apakah seseorang memiliki kecenderungan pada kecanduan makanan atau tidak.

Walapun kecanduan makanan sering dianggap sebagai hal yang tidak serius, nyatanya hal ini bisa berubah menjadi serius. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sekolompok orang yang mengalami kecanduan pada makanan, cenderung menyalahgunakan zat yang berada di dalam satu makanan.

Dokter Neil Barnard, pemilik Physicians Committee for Responsible Medicine, mulai menanggapi kecanduan keju ini dengan serius. Menurutnya keju sangat adiktif, karena mengandung protein kasein, yang menciptakan casomorphins ketika produk olahan susu terurai dalam tubuh seseorang.

"Casomorphins melekat pada reseptor opiat pada otak untuk menimbulkan efek menenangkan yang sama seperti seseorang mengonsumsi heroin dan morfin," ungkapnya kepada Vegetarian Times.
Makan Keju Ternyata Bisa Bikin Ketagihan Seperti Konsumsi HeroinFoto: GettyImages
"Bahkan sejak pertama kali di proses dalam tubuh, keju telah mengeluarkan cairan yang menjadi sumber yang terkonsentrasi pada casarmophins sehingga menimbulkan efek yang sama seperti heroin dan morfin," lanjutnya. Akan tetapi penelitian lebih dalam sangat diperlukan untuk membuktikan hubungan antara casomorphins dengan sistem kerja otak.

Dokter Neil juga begitu yakin bahwa keju sebenarnya berbahaya untuk tubuh. Tapi tidak perlu khawatir selama Anda masih mengonsumsinya dalam porsi yang wajar.

Karena banyak studi yang menunjukkan bahwa mengonsumsi satu takar keju penuh lemak dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes dan tekanan darah tinggi. (ani/odi)