Madu dan Kacang Kering Tak Kenal Tanggal Kadaluarsa (1)

Annisa Trimirasti - detikFood Jumat, 26 Agu 2016 11:00 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Banyak makanan terbuang percuma karena kurang informasi. Padahal banyak makanan tak kenal kadaluarsa.

Pencantuman informasi soal kadaluarsa pada makanan sering membingungkan. Karenanya jumlah limbah makanan makin meningkat. Sebelum membuang makanan, sebaiknya cek dulu daftar makanan yang tak kenal kadaluarsa yang dilansir huffingtonpost (22/8/16) ini.

1. Madu
Madu tidak akan pernah basi atau kadaluarsa. Walau warnanya berubah dan menjadi kristal tapi madu tetap aman dimakan. Jika madu berubah menjadi kristal, cukup rendm stoplesnya di air hangat dan aduk sampai kristalnya larut.

2. Beras

Meskipun kemasannya tertutup debu tebal, beras di dalamnya tetap bisa dikonsumsi. Penyataan ini berlaku untuk beras putih, arborio, jasmine, dan basmati.

Namun beras merah agak berbeda karena mengandung minyak lebih tinggi yang membuatnya mudah tengik. Simpan selalu beras dalam wadah kedap untuk menghindari kerusakan dan kutu.

3. Cuka putih
Tak perlu khawatir walau membeli cuka putih dalam jumlah banyak karena tidak akan kadaluarsa. Simpan sebagi persediaan untuk membuat saus salad, bumbu perendam, bahkan cairan pembersih rumah.

4. Ekstrak vanila murni

Ekstrak vanilla murni dibuat dari alkohol dan akan tetap segar dan beraroma selama disimpan. Tapi vanila imitasi tidak tahan lama. Karenanya pilih yang murni, meskipun sedikit lebih mahal tapi tidak kadaluarsa.

5. Garam


Garam meja, garam kosher atau garam laut akan tetap segar sama seperti saat dibeli. Simpan dalam wadah kering dan kedap udara.

6.Tepung maizena
Untuk menjaga maizena tetap bagus kualitasnya, simpan dalam wadah tertutup rapat dan kering. Jika tak sirng dipakai sebaiknya jangan mengisi ulang agar tetap mendapat yang terbaik.

(adr/odi)