Pedas Segar Rujak

Gurih Segar Rujak Mie dengan Isian Lengkap dari Palembang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Agu 2016 10:10 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pedas Segar Rujak
Jakarta - Rujak asal Palembang ini memakai kuah cuka dan gula merah. Isiannya lengkap mulai dari mie kuning, suun, dan tauge. Sedap!

Rujak mie dari Palembang menggunakan mie kuning basah dan suun sebagai bahan utamanya. Pelengkap lainnya berupa tahu, tauge yang sudah diseduh air panas dan mentimun.

Kuahnya dibuat dari rebusan air, gula merah, cuka, dan bumbu halus yang terdiri dari cabai rawit merah, bawang putih, ebi, dan garam. Taburannya berupa bawang merah goreng dan kerupuk mie yang renyah gurih.


Ada yang mengatakan rujak mie adalah modifikasi dari pempek karena warga Palembang tak bisa jauh dari panganan berbahan ikan ini. Pempek dipotong kecil-kecil kemudian dimasukkan dalam isian rujak.

Meski tidak dibuat dari buah dan sayuran segar, nama rujak pada hidangan ini agaknya menggambarkan sensasi segar saat menyantapnya. Biasanya rujak mie dinikmati sebagai camilan pada sore hari.

Selain pempek, ada yang memilih menambahkan tahu putih goreng ke dalam racikan rujak. Rasanya tak kalah enak karena ada sensasi lembut gurih dari tahu.


Di Palembang, rujak mie mudah ditemui. Banyak restoran yang menjajakannya bersama menu-menu khas lain.

Nah, kalau tertarik mencicip, Anda juga bisa membuat rujak mie sendiri dengan mengikuti resep detikFood berikut. Selamat mencoba!

(adr/odi)
FOKUS BERITA Pedas Segar Rujak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com