Mengenal Afternoon Tea

Lemon dan Madu, Penambah Rasa Enak Pada Teh

Maya Safira - detikFood Jumat, 05 Agu 2016 16:15 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea
Jakarta - Teh semakin enak jika diberi tambahan rasa. Membuat citarasa teh jadi manis dan segar.

Saat afternoon tea, teh tidak hanya disajikan begitu saja. Ada beberapa tambahan pelengkap untuk memberi citarasa berbeda pada teh. Baik berupa gula hingga irisan lemon. Inilah beberapa pelengkap teh.

1. Gula



Gula memiliki aneka bentuk. Ada gula pasir, gula batu atau gula bentuk dadu. Menurut Etiquette Scholar lebih baik menggunakan gula dadu pada afternoon tea. Tidak hanya adanya penjepit gula yang elegan, tapi juga memberi kesan rapi. Dibandingkan butiran gula pasir yang bisa terlihat berantakan apabila tumbah.

Setelah gula dimasukkan, diamkan sebentar agar larut. Kemudian aduk perlahan tanpa menimbulkan dentingan karena sendok terkena sisi cangkir.

2. Susu



Etiquette Scholar menyebut kebiasaan menambah susu dalam teh kabarnya berasal dari Prancis. Kemudian tersebar ke seluruh dunia. Rasa susu yang creamy cocok untuk teh India dan Ceylon. Krim pada susu bisa melapisi rasa teh.

Di Inggris, orang lebih suka menambah susu dibanding lemon pada teh. Kebiasaan yang berasal dari fakta bahwa setetes susu dingin di dalam cangkir teh bisa mencegah timbulnya retak atau noda akibat teh panas pada porselen.

Kini kebanyakan orang mengatakan sebaiknya susu dituang ke dalam cangkir setelah teh. Karena Anda tidak bisa menilai kuatnya rasa teh dari tampilan warnanya.

3. Lemon



Lemon cocok dengan kebanyakan jenis teh hitam. Memberi citarasa segar enak. Terkecuali jenis seperti Earl Grey dimana penggemarnya lebih suka rasa murni teh.

Biasanya lemon tersedia dalam irisan tipis dan ditempatkan dalam piring dekat susu dan gula. Sebuah garpu lemon atau alat sejenis lainnya disediakan untuk mengambilnya.

Potongan lemon dapat ditempatkan dalam cangkir setelah menuang teh. Jika ingin menambah teh, penuangnya akan memindahkan potongan lemon dari cangkir baru menuang teh. Selanjutnya Anda bisa menambah kembali irisan lemon segar. Ada juga yang menyebut irisan lemon harus diangkat terlebih dahulu sebelum menyesap teh.

4. Madu



Madu tak ketinggalan dari afternoon tea. Biasanya madu disajikan bersama gula dan pelengkap teh lainnya. Penggunaan madu memberi rasa manis yang enak.

Ini bisa jadi pilihan bagi yang mencari alternatif lebih sehat dan alami. Apalagi saat teh berisi madu diberi perasan lemon segar. (msa/odi)
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com