Mengenal Afternoon Tea

10 Jenis Teh Ini Paling Sering Dinikmati Saat Afternoon Tea (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 05 Agu 2016 15:46 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea
Jakarta - Penikmat teh pasti punya jenis teh favorit untuk afternoon tea. Teh ini makin enak saat dinikmati bersama kudapan manis dan gurih.

Tiap jenis atau racikan teh punya aroma dan rasa yang unik. Karenanya enak disandingkan dengan beberapa jenis kudapan. Seperti darjeeling yang lebih cocok dipadukan dengan kudapan gurih dan lavender yang makin enak dinikmati dengan kudapan manis. Berikut 10 jenis teh populer untuk afternoon tea versi About Food (5/8).

6. Mint


Seperti halnya chamomile, spearmint dan peppermint adalah teh bebas kafein. Peppermint lebih populer di Amerika Serikat, namun spearmint juga disukai karena rasanya lebih manis. Teh ini jadi pengiring yang pas untuk aneka kudapan afternoon tea mulai dari yang gurih seperti tea sandwich hingga yang manis seperti cake cokelat atau vanilla.

7. Rose congou
Rose congou adalah teh hitam dengan campuran kelopak bunga mawar. Minuman gaya Victoria ini terasa manis lembut. Dipadukan dengan scone, dessert creamy, dan tea sandwich, rasanya makin enak.

8. Teh hitam asap


Jenis teh hitam asap seperti russian caravan dan lapsang souchong juga enak dijadikan pendamping afternoon tea. Rasanya yang kuat dengan aroma asap paling pas dipadukan dengan dessert amat manis atau quiche aneka rasa.

9. Teh hijau
Teh hijau tidak sepopuler teh hitam saat afternoon tea. Meski begitu, ada jenis teh hijau yang rasanya kuat sehingga cocok dipadukan dengan kudapan afternoon tea. Bernama Gunpowder Green, teh ini sebaiknya diseduh lebih cepat dengan air yang lebih dingin dibanding saat menyeduh teh hitam.

10. Lavender

Baik dijadikan campuran atau diseduh seluruhnya, lavender kerap jadi pilihan saat afternoon tea. Racikan yang populer antara lain Lavender Earl Grey dan lavender dengan campuran chamomile dan mint. Rasanya yang manis dan aromanya yang harum cocok dipadukan dengan scone atau shortbread cookies.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea