Bakso Gurih Enak

Udang dan Ikan Bisa Jadi Adonan Bakso yang Gurih Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 29 Jul 2016 15:50 WIB
Foto: iStock/detikFood
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak
Jakarta - Umumnya adonan bakso dibuat dari daging sapi. Tetapi bakso ayam, udang, dan ikan juga tak kalah enak.

Bakso kini jadi jajanan favorit banyak orang. Sajian asal China ini dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Selain daging sapi, udang dan ikan ternyata bisa dijadikan adonan bakso. Berikut bahan makanan lain yang juga enak dijadikan adonan bakso.

1. Ayam


Daging ayam jadi alternatif pengganti daging sapi yang lebih murah dan tak kalah lezat. Untuk membuatnya fillet dada atau paha ayam dihaluskan dengan food processor atau dicincang halus lalu dicampurkan tepung dan bumbu lain. Tampilan bakso ayam berbeda dari bakso sapi karena warnanya putih pucat. Soal tekstur, bakso ayam juga memiliki serat yang lebih halus. Kalau mau buat bakso ayam, resep detikFood ini bisa dicoba.

2. Udang


Pencinta seafood bisa puaskan selera dengan bakso udang. Gurih manisnya udang segar diproses hingga halus sebelum dicampurkan bersama bahan bakso lainnya. Bakso udang rebus berwarna putih kemerahan dengan permukaan halus. Enak dinikmati dengan kaldu yang gurih segar.

Beberapa orang juga menyukai bakso udang goreng. Kriuk renyahnya tepung berpadu enak dengan isian udang yang gurih kenyal. Resep ini bisa jadi panduan membuat bakso udang goreng.

3. Ikan


Tampilan bakso ikan paling mudah dibedakan karena cenderung putih, mengkilap, dan tidak berserat. Umumnya dibuat dari ikan tenggiri, kakap, atau kerapu. Bakso ikan makin enak karena dibumbui bawang putih, garam, merica, dan dicampur tepung kanji. Mengenai tekstur, bakso ikan terasa lebih kenyal karena kerap ditambahkan agar-agar. Sajian ini begitu menyehatkan karena tinggi protein.

4. Cumi
Cumi yang kenyal gurih melengkapi deretan bakso seafood. Untuk membuatnya, daging cumi bersih dicincang halus kemudian dicampur tepung dan bumbu seperti merica dan garam. Tampilan bakso cumi mirip bakso ikan dengan warna putih mengkilap. Dijamin disukai para penikmat seafood. Tertarik membuat? Lihat resep detikFood ini sebagai panduan.

5. Ragam sayuran
Para penganut pola hidup vegetarian juga bisa menikmati bakso. Biasanya bakso dibuat dari wortel, bayam, dan jagung yang dihaluskan. Protein nabati seperti kedelai dan tahu lalu ditambahkan agar lebih padat. Bakso vegetarian memiliki tekstur halus tanpa serat.

6. Babi
Di negara asalnya, China, bakso dibuat dari daging babi giling. Tampilannya tak jauh beda dengan bakso sapi. Hanya saja aroma lemaknya lebih kuat dan teksturnya lebih halus, lembut, dan berminyak. Di negeri tirai bambu, bakso babi atau pork ball juga kerap ditambahkan sotong agar teksturnya lebih kenyal.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com