Bekal Sekolah Sehat

Buat Kreasi Bekal Sekolah Bernutrisi dengan Tambahan Wortel dan Jamur

Maya Safira - detikFood Jumat, 22 Jul 2016 17:41 WIB
Foto: iStock/Detikfood
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat
Jakarta - Anak-anak biasanya menolak konsumsi sayuran. Dengan kreasi bekal ini, sayuran pun bisa lahap disantap si kecil.

Sayuran termasuk makanan penting bagi anak. Karena kaya nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun anak-anak kerap menolak makan sayuran.

Supaya sayuran jadi pilihan makanan yang disukai anak, ibu perlu siasat dalam meracik sayurann. Misalnya mengubah bentuk dan tekstur. Begitu juga saat membuat bekal sayuran untuk anak. Beberapa kreasi sayur populer ini bisa Anda coba.

1. Brokoli



Brokoli punya aroma khas yang tak disukai anak-anak apalagi jika proses masak terlalu lama. Padahal brokoli kaya kandungan vitamin C dan baik sebagai antioksidan. Untuk membuat anak mau menyantap brokoli, padankan saja sayur ini dengan makanan kesukaan mereka. Misalnya saja keju. Buat resep Kentang Keju Brokoli yang memakai tambahan daging asap, keju cheddar, sosis, susu dan kentang.

2. Wortel



Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karena itu perlu asupan wortel dalam menu sehari-hari anak. Umumnya anak-anak cukup menyukai rasa wortel. Apalagi jika dipotong kecil-kecil sehingga mereka tak begitu menyadari keberadaan wortel. Seperti pada sajian Cheesy Chicken Balls, Bihun Goreng Salmon, Sandwich Tuna Telur atau Omelet Bihun Sayuran.

3. Jamur



Jamur mudah dikreasikan dengan berbagai bahan makanan. Rasanya pun jadi lebih enak untuk anak. Apalagi teksturnya kenyal mirip daging. Agar anak suka, Anda bisa mencoba resep Cheese Burger Jamur, Satai Jamur, Omelet Jamur atau Kentang Lapis Jamur.

4. Bayam



Biasanya anak-anak kurang menyukai bayam karena rasa agak pahit dan tampilannya. Padahal sayuran berdaun hijau ini mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk vitamin A. Selain kaya akan serat, bayam juga sangat baik menjaga kesehatan mata. Bayam bisa dibuat jadi lebih enak untuk bekal. Seperti menu Lasagna Bayam Keju yang gurih atau omelet bayam.

5. Tomat



Tomat punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun anak biasa tak suka karena tekstur lembek dan berair. Tomat dapat dibuat sebagai campuran mie, telur dan lainnya. Coba saja Mi Tomat, Fried Chicken Saus Tomat, atau Omelet Saus Tomat. (msa/odi)
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com