Apa Benar Mengetuk Kaleng Soda Bisa Cegah Soda Muncrat?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 23 Jun 2016 09:52 WIB
Foto: iStock/Metro
Jakarta - Mengetuk tutup kaleng soda sebelum membukanya jadi kebiasaan banyak orang. Cara ini diyakini bisa mencegah soda menyembur. Benarkah?

Selama ini belum diketahui pasti apakah kebiasaan mengetuk tutup kaleng soda berpengaruh pada kualitas minuman. Dosen kimia di Universitas Nottingham Trent, Inggris pun mencari kebenarannya.

Dalam penelitiannya, Christopher Arthur Edward Hamlett menjelaskan, "Sebelum kaleng dibuka, gelembung udara mikroskopik menyentuh permukaan dinding kaleng (nukleasi). Ketika kaleng dibuka, ukuran gelembung bertambah besar sehubungan penurunan kelarutan karbon dioksida didalamnya."



Ia menuturkan, saat mencapai ukuran tertentu gelembung akan naik ke atas kaleng sehubungan daya apung. Gelembung juga menggantikan cairan yang akan keluar dari kaleng. "Lalu bagaimana dengan tindakan mengetuk tutup kaleng soda? Apakah berpengaruh terhadap proses ini?," tanya Hamlett.

Menurutnya, gelembung-gelembung pada kaleng soda yang belum terbuka bisa membentuk atom pada permukaan dinding kaleng. Hamlett menjelaskan, "Dengan mengetuk tutup kaleng sebelum dibuka, gelembung bisa 'terusir' dan mungkin mengapung ke bagian teratas cairan."


Ketika kaleng dibuka, gelembung meluas dengan cairan dibawah permukaan kaleng keluar lebih jauh (menyembur) dibanding cairan yang ada dekat permukaan kaleng. "Kaleng yang sudah diketuk memungkinkan lebih sedikit gelembung soda dari dalam permukaan kaleng keluar dan lebih sedikit cairan yang disemburkan. Dibanding kaleng yang tutupnya tidak diketuk," kata Hamlett seperti dilansir dari Metro (14/6).

Mengenai trik sederhana ini, situs hoax Snopes telah mencoba mempraktekkannya. Snopes mengatakan klaim mengetuk tutup kaleng soda berpengaruh amat kecil terhadap cairan yang disemburkan. "Intinya adalah jika Anda tidak ingin soda menyembur, diamkan soda sebentar setelah terguncang," pungkas Snopes.

(adr/odi)