Lakukan Cara Praktis Ini untuk Kurangi Limbah Makanan di Rumah (2)

Fran Sisca - detikFood Rabu, 15 Jun 2016 12:34 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak cara sederhana bisa dilakukan di rumah untuk cegah limbah makanan. Mulai dari menyimpan buah, sayuran dan bumbu dapur.

Limbah makanan menjadi keprihatinan banyak negara di dunia. Jumlahnya terus bertambah seiring dengan jumlah penduduk dunia yang tak bisa makan dengan layak setiap hari.

Beberapa hal sederhana ini bisa Anda praktekkan saat menyimpan bahan makanan.

6. Simpan kentang dan bawang terpisah
Menyimpan kentang dan bawang secara terpisah berguna untuk menghindari pembusukan. Aroma dari bawang akan memicu kentang cepat busuk. Sebaiknya simpan dalam suhu ruangan.

7. Simpan buah dan sayuran terpisah
Buah apel, pir, plum, dan aprikot secara alami mengeluarkan gas ethylene yang sangat cepat memicu pematangan dan pelayuan sayuran yang disimpan berdekatan. Karena itu sebaiknya simpan buah-buahan dan sayuran secara terpisah.

8. Hindari pisang terlalu masak
Gas ethylene juga keluar dari bagian atas tangkai pisang. Maka dari itu, bungkus bagian tangkai atas pisang untuk memperlambat pematangan dan mempertahanlan kesegarannya.

9. Taruh bawang merah dan bawang putih di tempat gelap
Untuk melindungi bawang putih dan merah agar tetap segar, jauhkan dari cahaya. Gunakan kantong kertas cokelat atau taruh di salam keranjang rotan dan bambu lalu taruh di tempay gelap. Untuk tampilan yang lebih dekoratif, gunakan klakat atau wadah anyaman pandan untuk menyimpan bawang merah dan bawang putih. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com